Young Entrepreneur : Abibayu Gustri Kamadjaja

Young Entrepreneur : Abibayu Gustri Kamadjaja

Salah satu cerita sukses datang dari alumni Universitas Ciputra tahun 2012 jurusan International Business Management (IBM). Laki-laki kelahiran 28 Januari 1990 yang akrab dipanggil Abi ini sempat menceritakan pengalamannya berkuliah di Universitas Ciputra serta kesibukan dan bisnisnya sekarang setelah lulus. Uniknya, pengalaman dan ilmu bisnisnya ini benar-benar didapatkannya ketika mulai berkuliah di universitas yang memang mengutamakan spirit entrepreneurship ini. Melalui ilmu dan pengajaran di Universitas Ciputra, Abi telah banyak sekali mendapat pengalaman, kesempatan, dan peluang untuk mencoba berbisnis.

Pada awalnya, Abi adalah seorang siswa SMA yang sama dengan kebanyakan siswa lain pada umumnya. Ketika sudah lulus dari SMA, Abi sempat bingung memutuskan memilih universitas serta jurusan apa yang akan diambilnya. Hingga pada akhirnya Abi sempat mendaftar di jurusan ekonomi di sebuah Universitas di Surabaya. Namun orangtuanya memberikan pilihan kepada Abi untuk mencoba berkuliah di Universitas Ciputra untuk lebih belajar tentang ilmu entrepreneurship dan sekaligus dengan prakteknya. Akhirnya Abi masuk ke Universitas Ciputra dan mengambil jurusan International Business Management (IBM).

IMG_6826Di awal kuliah Abi sudah merasakan pengalaman yang berbeda, karena di Universitas Ciputra diajarkan untuk praktek secara langsung membuat bisnis. Hal ini membuatnya begitu excited karena Abi bukannya merasa terbebani dengan hal tersebut tapi justru sebaliknya merasa tertantang. Dari pengalaman praktek bisnis tersebut Abi mempelajari bagaimana cara melihat peluang, bagaimana cara menjual produk kepada masyarakat, ilmu-ilmu marketing yang harus dijalankan, kemudian memahami pula kendala dan kesulitan dalam berbisnis.

Abi adalah sosok yang sejak kecil telah dididik untuk mandiri oleh kedua orang tuanya. Dan berawal dari kemandirian inilah sosok Abi tumbuh menjadi seorang yang tidak mudah menyerah, tidak pernah berhenti belajar dalam hal apapun, dan tertantang untuk mencoba segala macam hal atau bidang bisnis. Di Universitas Ciputra, Abi akhirnya memilih bisnis di bidang fashion, yaitu tepatnya produk kaos polo. Sewaktu kuliah, bisnis ini dijalani Abi bersama dengan teman-temannya. Hingga akhirnya lulus, bisnis ini tetap berjalan, namun hanya dijalankan oleh Abi seorang diri. Bisnis fashion ini bernama Gae Koen Tok yang berdiri sejak tahun 2010. Industri bisnis ini pun kian berkembang, karena pada tahun 2011 Gae Koen Tok merambah kedalam bidang  vendor baju atau garment yang khusus dibuat untuk keperluan custom.

Dalam hal belajar, Abi adalah sosok yang memiliki semangat tinggi. Hal ini terbukti ketika baru lulus kuliah, Abi lantas memutuskan untuk belajar Bahasa Mandarin selama satu tahun di Cina. Tahun 2013, Abi merubah mindsetnya bahwa untuk bisa sukses berbisnis, dia perlu belajar tentang bisnis agar tidak mengulang kesalahan. Baginya banyak sekali hal yang harus dipelajari dalam berbisnis, seperti misalnya bagaimana sistem yang benar, bagaimana cara memanage dan mendevelop karyawan, dan lain sebagainya. Akhirnya Abi memutuskan untuk bekerja di perusahaan orang lain terlebih dahulu utnuk belajar dan memperbanyak ilmunya soal bisnis. Berbekal basic fashion atau garment, Abi sempat menjadi store manager di Salvatore Ferragamo selama satu setengah tahun. Kemudian sempat pula menjadi CEO area manager Zalora untuk area Surabaya dan sekitarnya.

IMG_6797Setelah ilmu yang didapatkannya cukup, Abi kemudian segera resign agar dapat lebih mengembangkan kemampuan dirinya. Pengalaman lain yang pernah diikutinya adalah mengikuti pemilihan model wajah Natasha 2015 dan berhasil keluar sebagai second runner up. Tidak hanya itu, anak bungsu dari 4 bersaudara ini juga menjalankan profesi sebagai MC, presenter, dan host di berbagai acara. Saat ini Abi juga mengembangkan dirinya dengan menjadi penyiar radio.

Passion bagi Abi adalah segala sesuatu yang dapat menuntunnya kearah pembelajaran bagi dirinya. Abi adalah sosok yang sangat passion dalam hal belajar, hal ini terbukti dari sekian banyak jenis industri bisnis yang digelutinya mulai dari industri fashion hingga model dan host. Baginya, dengan memiliki passion belajar, maka semua pintu peluang dan kesempatan akan terbuka lebar kemanapun. Dengan kesibukannya yang begitu padat dan tidak ada waktu untuk keluarga, pada awalnya keluarga Abi kurang setuju. Namun setelah melihat kesungguhan dan ketekunan Abi, keluarga akhirnya kemudian mendukung.

Selama menjalani dunia bisnis, banyak suka duka yang telah dialami oleh Abi. Contohnya adalah ketika menjalankan Gae Koen Tok, terdapat beberapa kendala tentang proses produksi, kehilangan partner kerja, proses yang tidak sesuai deadline, menghadapi customer yang tidak mudah, dan lain sebagainya. Semua hal ini dimaknainya sebagai sebuah pembelajaran dan tantangan diri untuk menjadi perbaikan agar lebih baik lagi. Di bidang modeling pun Abi juga tidak terlepas dari tantangan, yaitu awalnya seperti kemampuan MC yang kurang lancar, kesulitan memperoleh managaer yang benar-benar tepat, dan lain sebagainya. Namun Abi tidak pernah menyerah terhadap mimpi dan passionnya. Banyak hal yang dilakukan Abi untuk mendukung minatnya di dunia modeling, seperti mengikuti calisthenic yaitu semacam gym tapi dengan menggunakan beban tubuh sendiri. Jadi hal ini dilakukan Abi untuk memaksimalkan tubuhnya agar dapat mensupport karirnya di dunia modeling.

Bagi sosok seorang Abi, passion adalah hal yang sangat penting. Karena baginya passion will leads everything. Berikut ini Abi memiliki beberapa tips bagi calon-calon entrepreneur muda, beberapa tips dari Abi adalah sebagai berikut :

  1. Ikutilah passion Kita pasti melakukan apa yang kita suka. We love what we do.
  2. Jangan pernah takut untuk mencoba.
  3. Tetap semangat ketika menemui masalah, karena masalah tidak lebih besar dari visimu.

Salah satu motivasi dari mentor yang selalu diingat dan dilakukan oleh Abi adalah, “Memang susah untuk sukses, tapi lebih susah lagi kalau tidak sukses”. Dan dari situlah, Abi selalu bersemangat dan berkemauan keras untuk menjadi sukses. Abi tidak pernah berhenti untuk belajar serta mencoba hal-hal yang baru. Sekali lagi, kemauan belajar dan kecintaannya terhadap pekerjaan, telah mengantar sosok Abibayu pada hasil yang membanggakan. Saat ini jadwal Abi sangat padat, kerena setiap minggu selalu ada acara yang harus dipandunya. Manfaat lainnya adalah dengan hal ini relasi dan koneksi pun semakin terbangun karena pengalamannya menekuni berbagai bidang di industri kreatif. Semua proses yang dialaminya tentu tidak mudah, dan dari transisi berbagai bidang bisnis tersebut terdapat perbedaan yang besar. Sehingga Abi terus belajar dan belajar walaupun sulit. Cita-cita yang ingin dicapai Abi saat ini adalah dapat menginspirasi orang lain dengan cara melakukan apa yang dilakukannya sekarang.