Women in Technology – Discussion with Professor Widom (Stanford)

Women in Technology – Discussion with Professor Widom (Stanford)

Women in Technology – Discussion with Professor Widom (Stanford)

Tanggal 8 November 2016 kembali Professor Jennifer Widom, seorang scientist di bidang Database dan Big Data hadir di kampus Universitas Ciputra untuk diskusi dengan topik “Women in Technology”. Professor Widom berasal dari Stanford University yang sedang berlibur sekaligus membagikan pengetahuan dan keahliannya ke berbagai negara.

Prof. Widom Odyssey yang berlangsung sejak Agustus 2016 hingga Juni 2017 ini, direncanakan untuk mengunjungi 19 negara (http://www.professorwidom.org/). Dimulai dengan mengunjungi Sri Langka pada Agustus 2016 lalu, beliau telah mengunjungi 3 negara lain hingga saat ini, yakni Colombia, Bhutan, dan Thailand. Professor Widom akan meninggalkan Indonesia untuk menuju Myanmar dalam beberapa hari ke depan, untuk kemudian mengunjungi Vietnam, India, Bangladesh, Chile, Tanzania, Namibia, Peru, Mexico, South Africa, Ghana, dan Nigeria. Beberapa negara lain masih dalam proses penjadwalan seperti Kyrgyztan, Mauritus, dan Poland.

Prof. Jennifer Widom Oddysey destinations. Photo courtesy of Prof Jennifer Widom, http://www.professorwidom.org

Rangkaian acara yang diselenggarakan Teknik Informatika (IMT) bersama International Office Universitas Ciputra dan bekerjasama dengan AdIns ini berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 7 hingga 8 November 2016. Sehari sebelumnya Prof. Widom membagikan pengetahuannya tentang Big Data yang berlangsung di Auditorium Universitas Ciputra yang dihadiri oleh sekitar 250 orang peserta. Dilanjutkan kemudian dengan workshop Big Data dan Data Mining dengan SQL di Laboratorium Komputer dan diikuti secara eksklusif oleh sekitar 40 orang mahasiswa dan dosen.

Women in Technology

Pada hari kedua Prof. Widom mendedikasikan waktunya untuk berdiskusi dengan beberapa wanita yang sedang menempuh studi di bidang teknologi komputer, maupun wanita yang berkarir di bidang tersebut. Acara yang berlangsung secara 2 jam ini diikuti secara terbatas untuk beberapa mahasiswa, staff, dan tamu eksternal. Pada kesempatan kali ini Prof. Widom mencoba untuk menggali permasalahan yang muncul, serta mendikusikan berbagai solusi permasalahan Women in Technology tersebut.

Sebagian peserta Women In Technology discussion berfoto bersama Prof. Widom seusai acara.

Dalam kunjungannya Prof. Widom menyampaikan puas atas kunjungannya ke Universitas Ciputra. Beliau juga berjanji akan kembali mengunjungi UC apabila ada kesempatan untuk kembali mengunjungi Surabaya. Setelah bersantap siang di resto yang dikelola mahasiswa Culinary Business (CBZ), Prof. Widom meninggalkan UC dan melanjutkan Odyssey-nya ke kampus lain, kota lain, dan negara lain. Selamat jalan Prof. Widom, semoga ilmu yang kau bagikan bermanfaat bagi semua yang berkesempatan mengikutinya!

Berfoto bersama di depan Resto UC sebelum melanjutkan perjalanan. Ki-Ka: Caecillia Citra (Ketua Panitia), Suryani Halim (International Office), Prof. Widom (Stanford), Kartika Gianina Tileng (Dosen MIS), Stephanus Eko Wahyudi (Kaprodi IMT), dan Adi Suryaputra (Kaprodi MIS)

Jennifer Widom, Stanford computer science professor and MOOC pioneer, is spending her 2016-17 sabbatical year traveling the globe offering free tutorials, short-courses, seminars, and workshops in the areas of data and design. Navigate the buttons and menus to learn more about Professor Widom and her motivation for the endeavor, to see details about the courses and workshops offered, to located course materials, social media, and participant feedback, and to find out how to be an institutional host.

written by:
SEW 20161108

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *