“Winning with Passion” bersama Bapak Gani

“Winning with Passion” bersama Bapak Gani

Jimmy M. Rifai Gani ketika menginspirasi mahasiswa UC
Mata kuliah Bussiness Inspiring IBM 2011 kembali mengadakan seminar menarik di Auditorium UC pada hari Kamis, 20 Oktober 2011. Seminar yang di mulai pada pukul 8.00 hingga 10.00 tersebut dibawakan oleh Jimmy M. Rifai Gani yakni President Director PT. Sarinah (Persero). Beliau sangat terkesan ketika tiba di kompleks Universitas Ciputra. “Lingkungannya luar biasa! Seperti bukan di Surabaya.” tutur beliau penuh semangat.

Selain itu, beliau juga melihat semangat mahasiswa UC yang sangat besar. Beliau optimis mereka akan menjadi orang—orang yang tangguh dan sukses membangun negara ini di masa

depan. Menurut beliau, jika dulu negara Indonesia mampu lepas dari penjajah hanya bermodal semangat, maka anak-anak zaman sekarang harus memiliki semangat sebagai kunci sukses mereka yang utama.

Bapak Gani memiliki lika-liku perjalanan hidup yang sangat menarik. Lahir sebagai anak pegawai negeri yang orang tuanya kerap ditugaskan di luar negeri, kehidupan beliau bisa

dikatakan tidak pernah hidup susah. Walau sering ditinggal orang tua bertugas ke luarnegeri, tidak membuatnya malas sebaliknya beliau terpacu untuk hidup mandiri. Karena semangatnya inilah beliau ingin keluar dari zona nyaman yang dibuat orang tuanya dengan bekerja sebagai tukang koran ketika beliau di Amerika.

Menurut beliau, saat sangat sulit menjajakan Koran, beliau kerap mendapat perlakuan tidak enak ketika berjualan koran. Meskipun memiliki keluarga yang mampu secara finansial, beliau tetap bersikukuh untuk bertahan berjualan koran. Melalui masa remaja yang berat, beliau memulai segala sesuatunya dari nol dengan bekerja sebagai sales. Secara bertahap beliau mencapai kesuksesannya karena beliau tidak segan mengejar impian dengan caranya sendiri. Keyakinannya dengan keluar dari kotak kenyamanan membuat beliau menjadi pribadi yang tangguh hingga meski masih tergolong muda beliau dipercaya menduduki jabatan Chief Executive Officer PT Sarinah (Persero) sejak 15 Mei 2009 hingga sekarang, juga dengan segudang prestasi menyertainya.

Kesuksesan itu tidak didapatnya secara instan. Semua itu tidak lain tidak bukan karena beliau hidup dengan enam prinsip yang dibesutnya menjadi sebuah buku laris terbitan Erlangga, yakni “Winning with Passsion: 6 Blueprint Pribadi Kaya dan Sukses” Keenam prinsip itu antara lain: Winning Mind-set, Winning Behavior, Winning Mentality, Winning Way, dan Winning System.

Dengan melaksanakan keenam prinsip ini dapat membuat sesorang memiliki pribadi juara. Namun semua itu tidak mudah untuk dilakukan. Langkah paling awal yang harus dilakukan
ialah memiliki gairah dan impian. Menurut beliau gairah dan impian tidaklah muncul dengan sendirinya. Keduanya harus dijemput dan dicari dengan mencoba berbagai hal dalam hidup. Oleh karena itu beliau mendorong para mahasiswa IBM 2011 untuk berani mencoba banyak hal. Tentu saja langkah pertama dan tersulit adalah membuat langkah pertama, yakni mengalahkan diri sendiri. Satu-satunya cara untuk mengalahkan diri sendiri adalah mencoba dengan melakukan hal-hal kecil, namun berkelanjutan. Hal selanjutnya yang harus diingat ialah kita tidak perlu takut gagal. Justru sebaliknya kita harus bersemangat dan berani ketika menghadapi kegagalan. “Kalau kita belum gagal, berarti kita belum berhasil. Bagaimana menghadapi kegagalan itu adalah yang paling penting” ujar beliau. (Y. Veronika S.)