Welcome Students of 2018 from Student Mentor Coordinators 2018 – 2019

Welcome Students of 2018 from Student Mentor Coordinators 2018 – 2019

Masa transisi atau masa perpindahan dari SMA menuju kuliah terkadang menjadi penghambat mahasiswa baru untuk memunculkan potensi yang dimiliki. Tidak menutup kemungkinan mahasiswa baru mengalami kesulitan dalam beradaptasi dan menyesuaikan lingkungan kampus. Untuk itulah Universitas ciputra menggagas program bimbingan bagi mahasiswa baru melalui program Mentoring.

Mentoring adalah program yang di desain oleh Universitas Ciputra untuk semua mahasiswa baru. Tujuannya adalah untuk membantu mahasiswa baru dalam berdaptasi, belajar mengenai campus life dan lain sebagainya. Program mentoring ini sudah dijalankan dalam beberapa periode, dan memberikan dampak yang baik bagi proses adaptasi tersebut.

Materi mentoring yang diberikan antara lain adalah :

1. Pengenalan diri dan gaya belajar

Materi mentoring ini bertujuan agar mahasiswa baru mengetahui seperti apa belajar di Universitas Ciputra dan mengetahui karakteristik belajar yang seperti apa yang ada di Universitas Ciputra.

2. Hambatan belajar

Hambatan belajar merupakan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa. Di mentoring ini mahasiswa baru akan diajarkan bagaimana cara mengatasinya dengan beberapa metode dengan contoh yang konkrit.

3. Academic roadmap

Adalah materi yang diberikan terkait dengan pemahaman kurikulum pembelajaran di kampus.

4. Friendship

Materi friendship  bertujuan untuk agar menti mempunyai kemampuan dalam membangun komunikasi yang tepat pun menjaga pergaulan.

5. Pengenalan seputar Universitas Ciputra

Memberikan pengetahuan seputar kampus, diantaranya  mengenai aturan dan tata cara yang ada di universitas (seperti gimana cara meminjam buku di perpustakaan, gimana cara meminjam ruangan siapa yang harus di tuju ketika kita ingin meminjam ruangan dan lain sebagainya).

6. Self Development

Di materi ini mahasiswa baru juga di ajarkan bagaimana caranya mengembangkan diri diluar bidang akademik diantaranya UKM, SU, SRB dan lain-lain.

Yang bertindak sebagai mentor adalah mahasiswa tingkat atas. Selain untuk membangun kedekatan antar angkatan, hal ini akan mendorong mahasiswa baru untuk bisa sharing lebih nyaman dan terbuka. Para mentor diperlengkapi oleh BMA dengan diikutkan dalam berbagai pelatihan terkait. Sebagai contoh adalah pelatihan yang dibawakan oleh Dosen Psikologi dengan materi psikologi seperti bagaimana cara menangani mentinya.

Syarat menjadi mentor adalah lolos seleksi. Seleksi bisa dilakukan oleh prodi masing-masing, atau juga mendaftar langsung melalui Student Union yang telah mendapat persetujuan oleh prodi. Mentoring akan dimulai, yaitu ketika masa Oweek.