Testimony Mahasiswa kelas VCD 3

Di mata kuliah VCD 3 UC, kami banyak belajar tentang Marketing Communication. Pada UAS kemarin, kami mengerjakan real project membuat 360o marketing atau Integrated Marketing Communication untuk MNA UC sebagai klien kami. Karya-karya kami setelah dinilai saat UAS akan diseleksi untuk dipresentasikan ke pihak MNA.

Di kelas kami, ada 15 kelompok yang terbagi lagi menjadi 3: 3 untuk marketing deengan target prodi VCD, 3 untuk marketing UC keseluruhan skala nasional, dan 3 lagi untuk skala internasional. Kebetulan kelompok kami mendapatkan marketing UC untuk skala nasional.

Selama projek, kami melakukan riset-riset untuk mendapatkan customer insight. Kami mengerjakan tugas UAS ini tidak terasa seperti tugas, tapi benar-benar seperti bekerja untuk klien karena klien yang diberikan memang nyata.

 

Dari 15 kelompok, diambil 4 besar untuk presentasi kepada pihak MNA. Kelompok kami terpilih menjadi salah satu dari 4 kelompok tersebut. Maka, sesuaai kesepakatan awal, kelompok kami melakukan presentasi kembali kepada pihak MNA bersama dengan 3 kelompok lainnya. Kami senang sekali karena berkesempatan unttuk presentasi di hadapan pihak MNA yang merupakan orang-orang yang memang sudah ahli di bidangnya. Selama presentasi, kami diberi banyak sekali masukan yang bermanfaat untuk kami.

Tidak disangka-sangka, dari 4 kelompok tersebut kelompok kami keluar sebagai pemenangnya. Bukan berarti 3 kelompok lain tidak bagus, meelainkan strategi marketing kelompok kami dirasa yang paling memungkinkan untuk diimplentasikan. Seebagai apresiasi, pihak MNA juga memberikan reward untuk kami.

Tidak berhenti sampai di situ saja, ternyata pihak MNA tertarik dengan beberapa ide kami sehingga mengajak kami bekerja sama untuk benar-benar merealisasikan strategi marketing yang telah kami buat. Kerja sama ini benar-benar bentuk kerja sama profesional, bukan tugas mata kuliah.

Kami senang sekali, karena tugas yang kami kerjakan bukan semata-mata hanya untuk tugas, melainkan juga menjadi pintu untuk kami praktik di kehidupan nyata. Terimakasih UC!

Binangkit Intan, Kevin Eugene, Florencia Siswanto, Alexander David – Kelompok This Is Me