Pembelajaraan Saat Pandemi : Sudah Siap Kuliah Offline?

Pandemi Covid sudah berjalan selama dua tahun terakhir ini dan berdampak pada beberapa sektor, salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan di masa pademi ini juga diperlukan usaha yang lebih untuk kita beradaptasi. Banyak rutinitas saat pembelajaran yang harus dirubah posisinya sesuai dengan protokol saat pandemi ini. Tujuan utamanya tentu ingin melakukan pembelajaran yang tetap kondusif dan tentunya sesuai protokol keamanan, karena tidak mungkin sekali untuk tetap melaksanakan pembelajaran seperti biasa yang tatap muka. Setelah lama mencari jalan keluarnya, datang ide untuk melakukan pembelajaran secara online yang dimana pembelajarannya melalui aplikasi video meeting tertentu. 

Pembelajaran online ini dilakukan mulai dari tingkat sekolah PAUD hingga universitas. Berbicara tentang universitas, disini Universitas Ciputra juga sepenuhnya menggunakan pembelajaran online hingga saat ini. Pembelajarannya menggunakan beberapa media seperti video meeting dan e-learning. Para mahasiswa sudah hampir menjalani masa pembelajaran online ini selama kurang lebih dua tahun belakangan ini. Banyak materi yang lebih disesuaikan dengan keadaan pandemi ini, sehingga memang beberapa berbeda dari saat pembelajaran tatap muka seperti biasa. Sistem pembelajaran ini mendapat berbagai macam respon dari mahasiswa, ada yang pro dan juga kontra. Mahasiswa ada yang nyaman dan merasa lebih aman saat pembelajaran online, tetapi ada juga mahasiswa yang tidak nyaman karena mereka sulit untuk memahami materi yang diberikan.

Disamping itu, jika kita melihat perkembangan Covid di Indonesia angka kasusnya sudah mulai menurun jauh dari beberapa bulan sebelumnya. Hal ini merupakan kabar baik dan juga awal untuk kembali mencoba pembelajaran tatap muka yang tentunya diadakan sesuai dengan protokol yang ada. Usaha untuk pembelajaran tatap muka ini rencananya masih dalam tahap percobaan dimana ada pembatasan pada jumlah mahasiswanya dan juga jadwal yang bergantian. Jadi, beberapa prosesnya tetap ada campuran pembelajaran online-nya. Proses pembelajaran ini seringkali disebut dengan pembelajaran hybrid.

Setelah melihat kondisi COVID-19 yang semakin membaik dan juga lampu hijau dari pemerintah untuk pembelajaran tatap muka, banyak sekolah dan universitas yang mulai mencoba pembelajaran hybrid ini. Kabarnya, Universitas Ciputra sendiri juga akan ikut melakukan percobaan pada pembelajaran hybrid dalam waktu dekat ini. Jadi, bagaimana nih? Kalian sudah siap untuk pembelajaran tatap muka?

Penulis : SU VCD | 18 Oktober 2021

Artikel lain