Pelatihan Copywriting utk UMKM Kecamatan Genteng

Pada tanggal 30 Agustus 2022, tim dosen Visual Communication Design Universitas Ciputra; Paulina Tjandrawibawa, BA, MPRA dan Rendy Iswanto, S.Sn, M.M, mendapat undangan dari Lembaga Kemasyarakatan di Tingkat Kecamatan Sub Kegiatan Fasilitasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat di wilayah Kecamatan Genteng untuk mengajar copywriting dan viral content kepada pemilik bisnis umkm yang mayoritas memiliki bisnis bidang food and beverage dan aksesoris fesyen.

Dalam pelatihan berdurasi 1,5 jam ini, pemilik bisnis mempelajari cara menulis konten untuk sosial media dengan menggunakan metode 5W1H (What, who, where, when, why dan how) agar proses komunikasi dapat tersampaikan sesuai dengan target market yang dituju. Dalam materi viral content, dijelaskan hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi sebuah konten menjadi viral yang mana harapannya dapat diterapkan juga oleh pelaku bisnis, khususnya poin practical values, dimana pelaku bisnis dapat memberikan tips dan trik dalam menggunakan produk brand mereka ke konsumen untuk mempermudah kegiatan mereka sehari-hari.

Pada sesi tanya jawab, pemilik bisnis cukup antusias dalam bertanya bagaimana cara membuat copywriting yang menarik dan konsisten di Instagram bisnis karena ide menulis tidak mudah didapat. Salah satu saran yang diberikan adalah dengan melakukan observasi ke kompetitor produk serupa yang kemudian diolah kembali, salah satu contoh yang didapat dari hasil observasi kompetitor adalah menulis kelebihan dan keamanan bahan produk yang digunakan sehingga konsumen dapat merasa yakin dengan kualitas produk.

Paulina

Artikel lain