Pameran Virtual Karya Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Visual Communication Design Universitas Ciputra

Pameran Tugas Akhir Mahasiswa jurusan Visual Communication Design Universitas Ciputra (VCD UC) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan secara rutin untuk memamerkan hasil tugas akhir dari mahasiswa VCD UC. Sesuai dengan semangat Entrepreneurship Universitas Ciputa, maka acara ini bukan hanya sekedar pameran karya, namun memiliki tujuan mempromosikan bisnis mahasiswa VCD UC dengan menunjukkan bisnis dan portfolio mahasiswa kepada khalayak serta meningkatkan brand awareness Visual Communication Design di lingkungan universitas dan masyarakat luas.

Acara ini diselenggarakan secara rutin sejak tahun 2010, namun barulah pada tahun 2016 acara pameran tersebut di-branding dengan judul Outlining Design.  Dalam setiap pelaksanaannya, Outlining Design selalu menambahkan value lebih yang dapat menimbulkan dampak positif bagi mahasiswa dan masyarakat di sekitarnya. Oleh karena itu Outlining Design selalu dikemas dengan fun, friendly, dan playful namun tetap menitikberatkan pada konsep pengembangan potensi secara maksimal melalui rangkaian kegiatan seperti workshop, pameran, games, dan talkshow yang semuanya diselenggarakan oleh Mahasiswa. Rangkaian acara ini kemudian ditutup dengan pelaksanaan sidang  Tugas Akhir sebagai bagian dari syarat kelulusan mahasiswa

Sejatinya acara Outlining Design tahun 2020 ini akan dilangsungkan di atrium Mall Ciputra World 1-3 Mei 2020.  Namun seiring dengan merebaknya virus COVID-19, Universitas Ciputra beserta Jurusan Visual Communication Design berkimitmen untuk mendukung program pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19, terhitung sejak tanggal 15 Maret 2020 VCD-UC telah mengurangi aktivitas yg berhubungan dengan pengumpulan massa, hal ini termasuk pameran Outlining Design beserta seluruh rangkaian acaranya, dan sidang Tugas Akhir.

Sebagai solusi dari permasalahan tersebut tanpa menurunkan kualitas capaian dan target pembelajaran, maka  VCD-UC akan tetap melaksanakan seluruh rangkaian acara Outlining Design (Pameran, Workshop, Talkshow, dan Lomba) serta Sidang Tugas Akhir melalui media daring.

Sedangkan untuk rangkaian acara, seperti workshop, talkshow, dan lomba, akan dilaksanakan mulai 13 April hingga 1 Mei 2020. Untuk mensiasati wabah virus Corona, seluruh mahasiswa peserta Tugas Akhir memanfaatkan beragam media daring seperti spotify, youtube dan instagram agar tetap dapat terhubung dengan khalayak sasaran mereka. Seluruh rangkaian acara Outlining Design 2020 terangkum dalam akun instagram: https://www.instagram.com/vcd.outliningdesign/


Dan puncak dari seluruh rangkaian acara tersebut adalah acara Pameran Outlining Design 2020 yang akan dilaksanakan secara virtual melalui situs artstep. Melalui ruang pameran virtual ini mahasiswa dapat menampilkan karya-karya mereka seperti layaknya pameran konvensional, bahkan dapat membangun jejaring dengan para pengunjung pameran virtual mereka karena bilik pameran virtual artsteps dapat dihubungkan dengan website atau akun instagram masing-masing mahasiswa.

Sehingga walaupun Mahasiswa dan Dosen harus tinggal di rumah dikarenakan pandemi COVID-19 yang berakibat Sidang  dan Pameran Tugas Akhir Mahasiswa harus dilakukan lewat media daring. Namun dengan metod seperti yang dijabarkan di atas, maka standar dan kualitas Tugas Akhir Mahasiswa, mulai dari konten dan materi presentasi sidang, hingga rangkaian kegiatan yang memberikan nilai tambah bagi masyarakat seperti workshop, talkshow, dan lomba; serta kelengkapan karya Tugas Akhir Mahasiswa tetap terlaksana dengan baik dan terjaga kualitasnya sesuai dengan dengan standar kelulusan yang telah ditetapkan oleh Jurusan VCD-UC.