MENYALURKAN CERITA DAN SEMANGAT SURABAYA MELALUI KARYA MURAL

Disusun oleh: Catherine Laurencia

Dibalik megah dan hangatnya kota Surabaya, ada berbagai gaya hidup serta warna yang membuat Surabaya menjadi kota yang selalu hidup. Masyarakat Surabaya adalah orang-orang yang senang dengan kehidupan berkomunal. Senang berkumpul, saling berbagi cerita antar teman, rekan kerja, hingga anak-anak yang sedang bermain di pelosok kota Surabaya. Hal-hal tersebutlah yang membentuk kota Surabaya menjadi kota yang hangat dan selalu hidup, kota yang bersemangat dan selalu berkembang.

Ciputra World, menjadi salah satu sentral utama masyarakat Surabaya, yang ikut merayakan keragaman serta gaya hidup tersebut. Dalam melakukan hal ini, Sutoto Yakobus, selaku Direktur Perseroan Ciputra Group, melihat hal ini menjadi sebuah kesempatan untuk mewadahi, dalam kesempatan kali ini yaitu mahasiswa, untuk dapat berekspresi. Berkolaborasi dengan beberapa mahasiswa dari Universitas Ciputra, yaitu Patricia Juarsa, Christy Cayadi, Azhari Almirana, Stephanie Giovanna, Kimberly Kristy Salim serta Patrick Almayda Sesar mewakili program studi Visual Communication Design, yang dibina oleh Christian Anggrianto selaku Kepala Program Studi serta Alexandra Ruth Santoso, selaku dosen program studi, yang dalam kesempatan kali ini berperan menjadi seorang project manager.

Dari awal tercetusnya ide ini, Ciputra Group ingin menyalurkan sebuah antusiasme yang dapat membangkitkan semangat dan menonjolkan keunikan dari kota Surabaya, dimana akhirnya segala aspirasi dan ide ini diolah dan berujung untuk direalisasikan menjadi karya-karya mural yang akan menghiasi dinding-dinding mall Ciputra World.

Pada Mei 2021 lalu, proyek ini dimulai dengan bertemunya pihak Ciputra Group selaku klien dengan para tim mahasiswa yang akan terlibat dalam proyek kali ini. Proyek ini tentunya juga menjadi menjadi sebuah kesempatan berharga, untuk menambah pengalaman terjun langsung dalam sebuah proyek profesional, dengan klien asli. Mulai dari melakukan survei lokasi, melakukan brainstorming, mengolah berbagai aspirasi serta harapan yang ingin dicapai dari Ciputra Group sebagai klien, hingga pada tahap sketsa serta pemilihan gaya ilustrasi, dilakukan selayaknya proyek profesional pada umumnya.

Setiap dinding yang memiliki ilustrasi para mahasiswa, tentunya memiliki warna, gaya ilustrasi serta pesan yang berbeda-beda, yang semakin menonjolkan keberagaman dari kota Surabaya. Proses pengerjaan tersebut terus berlangsung hingga bulan Oktober 2021. Dimana akhirnya pada Februari 2022 dimulailah proses pemasangan ilustrasi mural pada dinding-dinding mall Ciputra World.

Ada beberapa tema besar yang disepakati untuk digambarkan ke dalam beberapa ilustrasi mural, beberapa diantaranya yaitu kehidupan perkotaan industrial serta kawasan bisnis yang juga mulai memenuhi kota Surabaya. Fenomena gaya hidup belanja dan sosialita juga menjadi sebuah ciri khas kebanyakan masyarakat Surabaya yang sudah menjadi rahasia umum, apalagi disertai dengan semakin berkembangnya budaya food & culinary yang di Surabaya, yang ditandai dengan banyaknya bermunculan restoran dan tempat-tempat makan ikonik dan berjiwa anak muda. Ketiga cerita ini ditutup dengan konsep ilustrasi yang terakhir yang merangkap setiap kehidupan masyarakat Surabaya, yaitu dengan menggambarkan mall Ciputra World sebagai salah satu jantung kota Surabaya, yang menjembatani sebuah kehidupan dan gaya hidup baru yang sedang berkembang di Surabaya ini. Hal ini bertujuan untuk mencerminkan sebuah pesan bahwa, tidak hanya ikut merayakan selebrasi dan perkembangan yang terjadi di Surabaya ini, tapi mall Ciputra World juga menjadi sebuah sentral tempat yang dapat menyediakan dan menjadi jawaban bagi kebutuhan-kebutuhan masyarakat Surabaya. Tidak memandang baik itu pria maupun wanita, anak-anak maupun dewasa, Ciputra Group ingin menggandeng setiap masyarakat di kota Surabaya.

Ilustrasi mural yang terpasang di dinding-dinding mall Ciputra World juga sudah menggunakan teknologi augmented reality (AR) yang dapat diakses melalui akun media sosial Instagram @uc_vcd . Nah, pasti penasaran kan bagaimana ilustrasi-ilustrasi mural lainnya yang sudah terpasang? Yuk langsung datang ke mall Ciputra World Surabaya!

(Karya mahasiswa Visual Communication Design yang sudah terpasang di salah satu dinding mall Ciputra World Surabaya)

Artikel lain