Membagikan Senyuman kepada Anak-Anak Jalan Lebak Arum Barat No. 21 Di Tengah Pandemi

Lima mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi angkatan 2019 yang terdiri dari Sasha Kurnia Njotoharsojo, Ni Ketut Ayu Sari Utari Dewi, Ni Nyoman Ayu Sari Utami Dewi, Brian Alexander Tanto, dan Hairunissa Aisyah, menyebut diri mereka Gemilang Bintang dan Yayasan Kasih Bangsa Surabaya divisi Solidaritas Relawan Kemanusiaan mengadakan acara penyumbangan di balai anak-anak yang terletak di Jalan Lebak Arum Barat no. 21, Surabaya. Acara ini diadakan pada tanggal 8 Januari 2021 dan 9 Januari 2021.

Dalam keadaan pandemi Covid-19 ini, semua pembelajaran dilakukan secara online. Pak Lasmidi, selaku Ketua SRK (Singkatan dari Solidaritas Relawan Kemanusiaan) telah membantu belajar anak-anak Jalan Lebak Arum Barat no. 21. Anak-anak yang terdaftar dalam melakukan kegiatan belajar berjumlah 43 anak biasanya melakukan kegiatan belajar di balai yang letaknya di Jalan Lebak Arum Barat no. 21 tersebut. Namun sejak pandemi berlangsung, acara kegiatan belajar terpaksa dihentikan. Pak Lasmidi sempat bercerita mengenai kondisi anak-anak yang belajar di rumah mereka masing-masing yang sama sekali tidak kondusif. Dimana rumah yang mereka tinggali sangat-sangat kecil. Ditambah lagi beberapa dari orang tua pekerjaannya merupakan buruh di pabrik, sehingga orang tua harus mengerjakan pekerjaan mereka di rumah. Anak-anak mereka terpaksa terpapar dengan alat atau bahan yang mungkin berbahaya bagi kesehatan mereka. Sehingga Pak Lasmidi merasa bahwa pembelajaran secara offline tetap diperlukan. Tetapi jika ingin melakukan pembelajaran offline, tentu saja harus tetap patuh protokol kesehatan yang ada. Namun, alat-alat kesehatan di balai tersebut belum terpenuhi. Sehingga, Gemilang Bintang memiliki tujuan untuk menunjang fasilitas anak-anak di Jalan Lebak Arum Barat no. 21.
Pada tanggal 8 Januari 2021, acara dimulai pada pukul 18:30. Acara didatangi oleh Ketua Yayasan Kasih Bangsa Surabaya yaitu Romo Ignatius Novan Agestyo, CM, Koordinator Divisi Pusat Pengembangan Sosial yaitu Romo Paulus Dwintarto, CM, Mahrawi dan Dhita dari divisi Sanggar Merah Merdeka, salah satu relawan Solidaritas Relawan Kemanusiaan yaitu Agus, perwakilan Gemilang Bintang yaitu Brian dan Aisyah, dan sekitar 35 anak-anak dari Jalan Lebak Arum no. 21. Acara dimulai dengan perkenalan seluruh peserta, lalu pembagian snack, dan diakhiri dengan himbauan cara menghadapi pandemi Covid-19 yang semakin parah dan PSBB yang akan dilakukan di Surabaya. Lalu dilanjutkan dengan foto bersama. Pada tanggal 9 Januari 2021, tidak ada acara resmi namun perwakilan Gemilang Bintang yaitu Sasha, mengadakan pertemuan singkat untuk memberikan barang donasi yang belum dapat diberikan pada tanggal 8 ditemani oleh dengan Pak Lasmidi, Agus, dan beberapa anak-anak. Gemilang Bintang berhasil menyumbang 100 masker kain, 10 liter desinfektan, 10 liter hand sanitizer, 30 face shield, 1 rak buku, 4 karpet, dan 8 buku dongeng hasil ujian tengah semester mahasiswa jurusan Visual Communication Design Universitas Ciputra angkatan 2019.

“Saya sangat senang sekali dan merasa terhormat saya bisa bekerja sama dengan jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra, hingga dengan jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Ciputra. Acara ini sangat membantu kami, karena dengan ini pendampingan belajar bisa dilakukan karena teman-teman (dari Gemilang Bintang) face shield, dan lain-lain. Dengan ini, adik-adik yang merasa kesulitan untuk belajar di rumah karena orang tuanya harus bekerja dan kegiatan lainnya bisa dibantu,” kata Pak Lasmidi setelah selesai acara pada tanggal 8 Januari 2021 kemarin.