Lisa Indriati, Dosen baru VCD

Perkenalkan dosen baru VCD, Lisa Indriati, alumni VCD 2006 angkatan pertama Universitas Ciputra. Banyak pengalaman menarik yang sulit untuk saya lupakan ketika berkuliah di UC; seperti pada saat orientasi mahasiswa baru kami mendapat tugas untuk berjualan di stasiun kereta api. Sangat berlawanan dengan ekspektasi saya soal ospek pada umumnya, waktu itu kelompok kami kebingungan memikirkan produk yang cocok dijual, cara berjualan, dan lain sebagainya. Yang tidak kami sadari saat itu adalah UC sudah memperkenalkan entrepreneurship sejak dini, melalui tugas tersebut kami dilatih untuk memahami tentang kondisi pasar, mempelajari segmentasi, targeting, dan strategi yang akan digunakan agar produk kami ini bisa laku. Terbukti pengalaman-pengalaman seperti ini sangat membekas di memori saya daripada harus mempelajarinya dengan cara yang konvensional dengan teori-teori di kelas.

Selama berkuliah di VCD saya merasa UC seperti rumah kedua; jam kelas dan studio yang panjang, tugas-tugas yang diberikan dosen tidak pernah menjadi beban yang terlalu berat karena semuanya dikemas menjadi suatu fun experience. Tentu saja ada masa-masa kami malas dan frustrasi untuk mengerjakan tugas-tugas, tetapi karena lingkungan belajar dan mengajar yang akrab, dosen serta tutor selalu membantu dan mendorong kami untuk menjadi lebih baik. Selama kuliah saya juga berkesempatan mendapatkan ilmu dari profesor-profesor desain Indonesia yang sangat kompeten di bidangnya.

Di semester 7 saya sudah mulai mencoba-coba menjadi freelance graphic designer, mulai dari mengerjakan desain buku tahunan SMA swasta di Surabaya sampai meng-handle event besar dari perusahaan BUMN seperti PLN. Lulus di tahun 2010, saya bekerja di design agency yang cukup besar di Surabaya yaitu SAM Design. Selama delapan tahun lebih bekerja di satu perusahaan, saya sudah mengalami berbagai posisi mulai dari sebagai junior graphic designer hingga menjadi procurement manager. Di tahun 2016 saya lulus Magister Manajemen dari Universitas Airlangga dan mulai menjadi tim riset untuk materi-materi training yang dibawakan oleh Tanadi Santoso dan team dibawah bendera Business Wisdom Institute. Selama dua tahun lebih bekerja sebagai research and development dan facilitator training di perusahaan konsultan bisnis menumbuhkan ketertarikan saya pada dunia Pendidikan, sehingga saya memutuskan untuk melamar sebagai dosen VCD di UC.

Hampir Sembilan tahun lulus sebagai mahasiswa dan kembali lagi menjadi dosen adalah pengalaman baru yang menyenangkan sekaligus menantang bagi saya. Bekerja berdampingan dengan dosen-dosen saya dulu juga “menakutkan” awalnya, tapi kembali lagi Universitas Ciputra terutama di jurusan VCD adalah fun learning unit yang mana kita bisa belajar dan berkembang bersama dengan budaya yang sangat menyenangkan.

Lisa Indriati