Kerjasama dengan ISCO Foundation, Cleft Care Indonesia Foundation, Save Street Child Surabaya, Bank Sampah Induk Surabaya dan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia

Pada tanggal 22 Januari 2020, VCD mengundang beberapa komunitas sosial dan organisasi nirlaba untuk melakukan penandatangan nota kesepahaman antara program studi Visual Communication Design (VCD) dengan komunitas serta organisasi tersebut. Beberapa partner komunitas sosial dan organisasi nirlaba antara lain: ISCO Foundation, Cleft Care Indonesia Foundation, Save Street Child Surabaya, Bank Sampah Induk Surabaya serta Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) yang kebetulan berhalangan hadir.

Berikut profil singkat dari partner:

ISCO Foundation adalah organisasi non-pemerintah yang fokus membantu anak-anak miskin kota dalam memperoleh pendidikan dan memaksimalkan potensi anak-anak miskin sebagai pribadi yang peduli, produktif dan bertanggung jawab.

Cleft Care Indonesia Foundation adalah organisasi non-profit yang menjembatani kesenjangan antara keluarga sumbing dan profesi medis di Jawa Timur dengan memberikan bantuan gratis untuk anak sumbing pra sejahtera, menjalin kemitraan dan berkolaborasi dengan profesi medis, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang perawatan bibir sumbing di masyarakat luas.

Save Street Child (SSC) adalah gerakan komunitas independent yang mengaktualisasikan kepedulian kepada anak-anak jalanan dan marjinal serta sebagai wadah informasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan anak-anak jalanan dan marjinal di Surabaya.

Bank Sampah Induk Surabaya merupakan bank sampah pusat di kota Surabaya yang mengajak masyarakat untuk mengelola sampah secara mandiri dalam kegiatan pemilahan sampah serta menjadikan sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) adalah organisasi yang memfasilitasi rumah singgah bagi anak kanker dari keluarga pra sejahtera di Indonesia yang berkonsep holistic complete yaitu rumah tinggal dengan lingkungan sehat dan asri serta transportasi dari dan ke rumah sakit, serta sosialisasi edukasi demi terealisasinya kesembuhan anak kanker.

Penandatanganan MOU dilakukan pukul 14.00 di Universitas Ciputra, Surabaya. MOU ditandatangani oleh Dekan Fakultas Industri Kreatif, Ibu Dr. Astrid, S.T., M.M serta Ketua Program Studi Visual Communication Design (VCD), Bapak Stevanus Christian Anggrianto, S.Sn., M.M yang  dikoordinasikan bersama dengan departemen Networking and Partnership Universitas Ciputra yang dikepalai oleh Ibu Suryani Halim, S.E. Kerjasama ini dimanfaatkan sebagai bentuk pengembangan pendidikan program studi Visual Communication Design (VCD) khususnya mata kuliah Social Design yang akan dijalankan tahun ajaran 2019-2. Mata kuliah ini adalah community-based project yang harus dikerjakan melalui tahapan eksplorasi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh komunitas sosial dan organisasi nirlaba ataupun permasalahan yang dihadapi di masyarakat. Disini mahasiswa ditantang untuk memperluas pemahaman mereka akan metodologi desain: mulai dari mengidentifikasi masalah, merancang penelitian, mengideasi kemudian mengimplementasi. Dalam 1 kelas akan dibagi menjadi 5 kelompok dengan jumlah anggota kelompok sebanyak 11-12 mahasiswa semester 4 yang masing-masing akan dibimbing oleh satu dosen.

Ibu Nurul selaku Humas Bank Sampah Induk Surabaya menyampaikan bahwa, “diharapkan kerjasama ini membawa keberkahan dan percepatan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk pengelolaan sampah yang tepat, cepat dan bermanfaat.” Selain itu, diharapkan kerjasama ini juga dapat menyelesaikan persoalan sosial, melakukan pemberdayaan serta memberikan dampak positif untuk masyarakat dan organisasi yang bersangkutan.