Illustration Based IP Development

Upaya komersialisasi karya kekayaan kekayaan intelektual lokal untuk menjadi bisnis berkelanjutan  merupakan sebuah tantangan besar khususnya dalam sektor industri kreatif. Untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat menghasilkan karya kreatif yang bernilai ekonomis maka jurusan Visual Communication Design Universitas Ciputra mengundang Bpk. Nurrachmat Widyasena atau yang lebih akrab dipanggil Mas Ito sebagai brand kreator KITC. 

Dalam kuliah tamunya Mas Ito membagikan kiatnya dalam membangun brand KITC dan menggunakan  metode design thinking untuk penciptaan karya kekayaan intelektual. Ada beberapa hal penting yang didapatkan mahasiswa melalui sesi ini, antara lain: 
1. Langkah-langkah komersialisasi karya kekayaan intelektual, yang dimulai dari mulai dari membangun story dan mengembangkan interaksi antar karakter. 
2. Berempati dengan konsumen agar prosuk turunan karya kekayaan intelektual sesuai dengan kebutuhan konsumen. 
3. Mencoba berbagai ide turunan karya kekayaan intelektual dalam sekala kecil untuk kemudian dilakukan evaluasi dan analisa yang dilakukan secara berulang dan modular.

Di Indonesia belum ada rumus pakem pengembangan karya kekayaan intelektual, karena ini adalah industri yang masih tergolong baru, namun keberhasilan sebuah karya kekayaan intelektual dimulai dari cerita yang mendekatkan karya tersebut dengan konsumen sasarannya. Mulai dari desain secara visual dan story yang dibangun atas dasar kebutuhan dan trend target market, sehingga karya kekayaan intelektual tidak hanya appealing secara estetik tapi juga secara emosional.

Shienny Megawati

Artikel lain