How To Start An Illustrated Brand

Pada tanggal 30 Maret 2021 kemarin, kelas Graphic On Product mengundang Martcellia Liunic, founder dari Liunic on Things, menjadi pembicara kelas untuk berbagi pengalaman dalam memulai dan menjalankan bisnis kreatif dengan basis produk ilustrasi.

Liunic on Things berdiri sejak 2015 dan kini telah memiliki 127.000 followers di Instagram dan berkolaborasi dengan brand-brand terkenal seperti Google, Samsung Indonesia, Netflix Indonesia, Adobe dan banyak lagi. Cella, panggilan akrab dari Martcellia, memulai bisnis ini ketika masih bekerja sebagai full timer di salah satu advertising agency di Jakarta. Pada awalnya, Cella tidak tertarik dengan ilustrasi namun salah satu supervisor di tempat Cella bekerja melihat adanya potensi yang bisa dikembangkan oleh Cella dan terbukti berhasil. Oleh sebab itu, Cella menekankan pentingnya untuk bekerja di sebuah perusahan terlebih dahulu sebelum memulai bisnis mandiri agar mengetahui potensi apa saja yang dimiliki dan sudah tervalidasi oleh pihak yang lebih berpengalaman.

Pada awal permulaan bisnisnya, Cella memilih membuat produk yang disukai oleh dirinya yaitu fashion dan kemudian mengikuti berbagai bazaar yang membantu Liunic on Things makin dikenal luas. Modal awal yang dikeluarkan untuk bisnis ini adalah sebesar 5 juta rupiah, menurut Cella, memulai bisnis tidak perlu menggunakan modal yang besar namun mulailah dengan apa yang kita punya saat ini lalu dikembangkan seiring berjalannya waktu dan yang terutama melakukan riset agar produk yang dibuat memiliki ciri khas unik sehingga orang- orang akan tertarik.

Cella juga menekankan pentingnya memiliki komunitas agar bisa saling mendukung sesama yang memiliki profesi sejenis. Di jaman sekarang, kompetitor tidak bisa dilihat sebagai musuh namun sebagai teman yang bisa membantu untuk saling berkembang. Pesan terakhir dari Cella untuk teman-teman yang memulai bisnis kreatif adalah jangan malu untuk memperkenalkan produk yang dimiliki ke banyak orang, dengan demikian peluang brand untuk makin dikenal akan lebih terbuka lebar.