Green Design Starbucks

Dewasa ini, kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya kelestarian lingkungan semakin meningkat, hal ini disebabkan karena kebutuhan untuk menyelamatkan lingkungan semakin muncul. Kebutuhan ini bukan  hanya  karena masalah kesehatan yang timbul,  namun  juga kelangsungan hidup manusia dan keturunannya. Isu tentang global warming dan juga pencemaran lingkungan yang menyebabkan bencana menjadi perhatian masyrakat dunia. Keresahan tentang isu global warming membuat para pengusaha melihat kebutuhan konsumen akan produk-produk yang ramah lingkungan. Usaha sebuah perusahaan untuk menjawab isu global ini bisa mengangkat citra positif perusahaan selain itu bisa membantu meningkatkan loyalitas konsumen terhadap sebuah produk.

Sebagai cabang jaringan penjual kopi terbesar di dunia, Starbucks adalah salah satu perusahaan yangtidak pernah berhenti untuk berinovasi, baik dari segi menu maupun program yang dijalankan. Sayangnya bersama dengan kemajuan penjualan yang dialami Starbucks, hal ini ternyata juga mendorong peningkatan jumlah sampah plastik. Salah satu sampah plastik terbanyak yang dihasilkan oleh Starbucks adalah sedotan plastik yang digunakan oleh Startbucks. Dimana setiap tahunnya ada lebih dari satu milyar sedotan pertahun digunakan oleh starbucks.

Untuk menunjukkan tanggung jawab pada masalah ini pada hari Senin, 09 juli 2018, Starbucks mengumumkan bahwa perusahaan tersebut akan menghilangkan penggunaan sedotan plastik sekali pakai di semua gerainya sebelum 2020. Sebagai gantinya Starbucks akan memakai penutup gelas minuman dengan desain baru yang memungkinkan pelanggan meminum kopi langsung tanpa harus menggunakan sedotan.

Tutup gelas desain baru yang akan digunakan pada semua gerai starbuck ini dibuat dengan bahan yang bisa di recycle dan hanya akan digunakan pada penjualan minuman dingin. Untuk  beberapa jenis minuman yang tidak memungkinkan untuk diminum dengan menggunakan tutup gelas desain baru ini, starbucks akan menggunakan sedotan berbahan kertas.

Gelas berbahan rPET yang lebih ramah lingkungan.

Sumber: www.starbucks.com

Pengumuman dalam Instagram Starbuck. Sumber: instagram.com

Kemasan gelas starbucks yang baru menggabungkan bentuk gelas dan sippy cup sehingga gelas menjadi mudah digunakan untuk minum saat berjalan dan tidak mudah tumpah. Lebih lagi bentuk tutup sippy cup memungkinkan Starback mengurangi penggunaan sedotan plastic. Innovasi sederhana ini berhasil membawa peningkatan positif bagi Brand Image Starbucks. Selain itu keputusan Stabucks untuk menghentikan penggunaan sedotan plastik dapat menjadi contoh bagi perusahaan besar lainnya tentang peran penting perusahaan agar tidak menimbun sampah plastik.

Marina Wardaya