Students learn through real projects to hone design competencies and skills as business people with the help of lecturers and practitioners

VCD UC is a department that combines visual art and design with the help of technology to communicate ideas visually and interactively. Assisted with the ability to create your own business, you will be able to help the country to reduce poverty and bring Indonesia to the creative economy.
Students learn through real projects to hone design competencies and skills as business people with the help of lecturers and practitioners
Students are taught to think outside the box, so that they are able to face today’s challenges and answer future challenges
Collaborating with associations and design support industries and helping students get first-hand knowledge transfer through mentoring, business inspiring and internships
Total credits | 144 credits |
Education type | Undergraduate Program (S1) |
Length of study | 4 years |
Language | Bahasa Indonesia |
Bachelor’s degree | S.Ds (Sarjana Design) |
We are a fun learning unit. Here you’re invited to explore, express and learn to appreciate ourselves and others around us. We are a department that combines visual art and design with the help of technology to communicate ideas visually and interactively. Assisted with the ability to create your own business, you will be able to help the country to reduce poverty and bring Indonesia to the creative economy.
Memiliki visi menghasilkan lulusan berkarakter entrepreneurial dalam bidang desain komunikasi visual, yang mampu menggunakan teknologi terkini dan mengembangkan ptensi lokal maupun global, untuk menghasilkan desain yang unik dan bisa diterima masyarakat.
Attitudes and Values
General Skills
Special skill
Prospek Lulusan | |
Business Owner | Content Creator |
Film Maker | Brand Strategist |
Illustrator | Social Media Manager |
Graphic Designer | Product Communication |
Photographer | Strategist |
UI/UX Designer | 2D/3D Animator |
Juara 1 Video Pendek LO Kreatif Aptisi Jatim 2020
Achmad Candi Abadi Mulia, Ni Wayan Mahadewi Suci, Amanda Aprilia Santoso (VCD 2020)
Juara 1 Lomba Desain Grafis 2madison Design Competition Part 2
Daigo Tanu Saputra (VCD 2019)
Juara 1 Lomba Ilustrasi Maskot Bihun AAA
Geralda Carnelian Tantra (VCD 2018)
Juara 1 Lomba Ilustrasi Buku Erlangga Bersiap Kuliahuara
Natasya Priscilla Suhartono (VCD 2018)
Juara 1 Lomba Videografi Chemistry Fair Universitas Inodnesia
Alvin Herbert Christy (VCD 2019)
Semester 1 | Semester 2 | Semester 3 |
Basic Design 1 | Basic Design 2 | Visual Study |
Letterform | Typography | Art and Culture |
Basic Drawing | Drawing | Computer Graphic |
Basic Photo | Basic Video | |
Semester 4 | Semester 5 | Semester 6 |
Social Design | Commercial Design | Innovation Design and Development |
Concept Development | Project Managerial | Design Research |
Elective Prodi(Media and Advertisement, Creative Writing, Film Production, Graphic onProduct, Packaging Design, Basic Illustration, 3D Modeling, Concept Design & Illustration | Elective Prodi | Academic Writing |
Elective Prodi | ||
Semester 7 | Semester 8 | |
Internship : Creativepreneurship | Final Project | |
Internship : Final Project Proposal | Etika Profesi | |
Research Method |
Dalam Negeri
Luar Negeri
Pengalaman paling menarik adalah saat saya dan tim pergi ke Madiun untuk observasi audience & market. Di saat kita berhadapan langsung dengan user yang akan menjadi konsumen desain kita, kita di tantang untuk make a design that works, tidak hanya desain yang cantik. Lalu desain tersebut juga kita pertanggung jawabkan kepada klien. Banyak sekali, tetapi yang paling terasa adalah bagaimana kita membuat desain yang berkomunikasi. Perspektif saat kita membuat desain bukanlah preferensi pribadi klien atau bahkan diri kita, tetapi bagaimana desain kita bisa menyampaikan pesan yang dimengerti oleh audience.
Sulit untuk memilih hanya satu pengalaman karena ada begitu banyak memori-memori berharga selama 4 tahun saya berkuliah di VCD UC. Mungkin salah satu hal yang paling saya syukuri adalah pengalaman untuk terjun ke dunia entrepreneurship dimana kami semua dilatih untuk melihat masalah sebagai opportunity. Di kelas itu lah lahir projek Petualangan Menuju Sesuatu yang sungguh telah mengubah hidup saya. Sebagai mahasiswa VCD, banyak dari kami memulai perjalanannya dengan berpikir kalau desain hanya tentang astetik; padahal pada kenyataannya desain itu sendiri bisa menjadi solusi dari sebuah permasalahan. Melalui projek ini, tim kami telah bekerja sama dengan berbagai brand-brand besar dan fellow creators, salah satunya Warner Music Asia dalam rilis lagu “Scars” oleh Lukas Graham. Disini desain tidak hanya lagi tentang apa yang terlihat paling cantik but about how it reaches our hearts.
Selama berkuliah di Visual Communication Design Universitas Ciputra hingga saat ini di semester 6, banyak hal yang saya pelajari dan dapat implementasikan dalam Eksistensi Pendidikan Industri Kreatif UC kegiatan sehari-hari, materi tentang desain, foto, dan video bisa saya gunakan saat mendapat client dari project freelance, atau dalam kepanitiaan. Tidak hanya materi perkuliahan, keterampilan atau soft skill yang ditanamkan selama proses pembelajaran seperti kerja sama dalam tim, time managemen, dan prioritas juga berguna saat memasuki dunia kerja. Selain dalam dunia kerja, sebagai seorang yang ada di dunia pageant, pengetahuan tentang desain dan foto yang saya dapatkan selama berkuliah bisa saya bagikan kepada orang-orang melalui kegitan yang saya lakukan. Sehingga ilmu dan keterampilan tadi tidak hanya berhenti di saya, tapi bisa juga saya ajarkan kepada orang lain.
Karena kita juga ada mata kuliah Enterpreneurship, sebenarnya kita sudah dipersiapkan sejak dini akan dunia kerja yang nyata jadi kita sudah bisa antisipasi kemungkinan apa saja yang akan terjadi. Tapi dari segi mata kuliah di VCD, skill yang saya dapat selama kuliah dapat saya terapkan di clothing brand saya, seperti graphic design, photo manipulation, art directing dan sebagainya.
Sewaktu saya menjalani kuliah di semester 6, kurang lebih di bulan Juni hingga Agustus 2019, saya berkesempatan untuk magang di salah satu branding agency yang pusatnya berada di Singapura yaitu C+C&Co. Saya beruntung bisa merasakan magang di 2 negara yaitu Indonesia(Surabaya) dan Singapura selama kurang lebih 3 bulan lamanya. Saya banyak belajar mengenai dunia kerja terutama di bidang desain dan industri kreatif serta belajar budaya baru yang ada di Singapura khusunya! Setiap hari saya naik MRT dari perumahan tempat tinggal saya di Singapura ke kantor. Walaupun agak capek Karena setiap hari saya harus menempuh perjalanan kurang lebih 9000 langkah apalagi saya punya keterbatasan fisik tapi terbayar karena pengalaman magang ini sangat berharga. Saya banyak belajar dari lingkungan yang baru, atasan dan teman Kerja yang baru, projek-projek keren dan kultur baru yang saya alami yang membentuk diri saya menjadi desainer sekaligus sosok entrepreneur yang lebih baik. Kemampuan berbahasa inggris saya juga menjadi lebih baik karena lingkungan sekitar dan bahasa yang digunakan di C+C&Co dominan menggunakan bahasa Inggris.