Vaksin Difteri di Kampus UC

Vaksin Difteri di Kampus UC

Pada Senin, 26 Februari 2018 Di Kampus Universitas Ciputra diadakan Program Pencanangan Outbreak Response Immunization (ORI) Difteri tahun 2018 yang diikuti oleh sekitar 300 mahasiswa. Gerakan ini untuk anak usia 1 – 19 tahun (di seluruh posyandu dan sekolah di Surabaya baik dari tingkat PG sampai Universitas). Untuk orang diatas 19 tahun diharapkan bisa secara mandiri melakukan vaksin Difteri ke puskesmas / Rumah Sakit terdekat

Pemberian vaksin ini dilakukan secara berkelanjutan dan bertahap yaitu sebanyak 3x. Di UC akan dilakukan pada :

  1. Tahap I : Bulan Februari 2018
  2. Tahap II : Bulan Juli 2018
  3. Tahap III : Bulan Desember 2018

Ina, mahasiswa IBM 2017 berkomentar “Mendapat berita bahwa Indonesia saat ini sedang marak berbicara mengenai Difteri jadi ketika UC mengadakan pemberian vaksin ini maka segera ikut dan free jadi sangat bermanfaat. Harapan Ina adalah UC sering memberikan penyuluhan atau semacam kampanye semacam hal ini agar mahasiswa UC semakin sehat ”

Kiki Ayu Pramesti (Perwakilan Dinas Kesehatan Kota Surabaya) menyampaikan, “UC salah satu Universitas yang fast respon dalam memberikan tanggapan terhadap program ini. Program yang telah dicanangkan oleh dinas kesehatan untuk memberantas Difteri di Indonesia yang saat ini sedang mewabah”.

Difteri merupakan penyakit infeksi akut yang sangat menular dan bisa mengancam nyawa jika tidak segera ditangani. Difteri biasanya terjadi pada tenggorokan, hidung, terkadang pada kulit dan telinga. “Harapan kedepan generasi muda Indonesia bebas dari difteri”, Kiki Ayu menambahkan.

(Kontributor : Erlita Tantri – PR UC)