Dokter Sekaligus Pebisnis Muda

Dokter Sekaligus Pebisnis Muda

Siapa bilang entrepreneur tidak bisa menjalankan sisi akademis dengan baik, stigma ini juga ditampik oleh Tirta Mandira Hudhi. Pria kelahiran Surakarta 30 Juli 1991 ini sukses menjalankan bisnis di usianya yang masih muda dan sekaligus memegang gelar sebagai dokter. CEO Shoes And Care yang berdiri sejak 2013 lalu ini memang aktif dalam berbagai kegiatan, baik di dalam maupun diluar kampus. bahkan ia sempat menjadi anggota senat mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Dengan gaya bahasa khas Jawa, Dr. Tirta demikian beliau akrab disapa menyampaikan pengalamannya tentang bagaimana berbisnis sekaligus menjalankan tugas akademisnya.

Pagi itu didepan sekitar 500 mahasiswa yang mengikuti mata kuliah E1, Dr. Tirta membagikan pengalamannya dalam memulai bisnisnya. Dr. Tirta mengawali bisnis dengan modal yang tidak besar, melainkan dari kamar kosnya yang digunakan sebagai basecamp untuk mencuci sepatu dari customer yang merupakan teman-temannya sendiri. “Awal berdirinya Shoes And Care ini ya di kos-kosan saya, saya memakai kamar untuk mencuci sepatu dari customer lalu kemudian saya foto untuk diupload di media sosial. Saya sendiri akhirnya tidur diluar kamar karena memang tidak cukup”.

Pria berkulit putih ini mengawali usaha cuci mencuci ini berawal dari hobinya yang memang getol mengkoleksi sepatu. Dari hobi tersebut ia kemudian melihat pangsa pasar yang belum tersentuh oleh banyak penyedia jasa. “Orang banyak yang memperhatikan baju, celana sehingga bermunculan laundry dimana-mana, tapi sepatu dilupakan. Padahal sepatu juga harganya tidak murah. Kami melihat ini sebagai peluang sehingga kami masuk dan menyeriusi bisnis ini”.

Shoes and Care ini merupakan jasa perawatan premium sepatu yang pertama di Yogyakarta dan jasa perawatan premium sepatu pertama di Indonesia yang berbasis media sosial. Karena aktif wara-wiri di berbagai platform media sosial, mengikuti berbagai event dan juga dilliput oleh berbagai media, bisnis ini juga sempat  masuk dalam kategori 50 usaha yang paling dicari menurut data Google ID.

Keseriusannya dalam memulai bisnis ini kemudian berbuah manis, karena memasuki usia di tahun ketiga ini animo masyarakat terhadap jasa cuci sepatu tampak kian meningkat. Bahkan Shoes And Care saat ini sudah memiliki 19 workshop yang tersebar di 9 kota di Indonesia. Kini Dr. Tirta juga aktif hadir dalam berbagai seminar maupun talkshow sebagai pembicara yang membagikan pengalaman juga memberikan motivasi khususnya bagi kaum entrepeneur muda. “Saya menjadi dokter adalah sebagai bentuk pengabdian diri saya bagi masyarakat, dengan ini saya merasa bisa menjadi berkat bagi orang lain. Namun untuk mencari uang saya mendapatkan dengan berbisnis. Shoes And Care ini adalah tempatnya. Saya memiliki passion di keduanya sehingga saya enjoy dalam menjalankan keduanya” Paparnya.

Febbe Yuanita selaku pengajar mata kuliah E1 juga berkata “Pagi ini kita mendapat banyak sharing knowledge yang berharga, terutama bagaimana cara memulai sebuah bisnis, cara menemukan peluang, hingga cara kreatif dalam memasarkan produk yang dimiliki. Ini bermanfaat bagi para mahasiswa untuk menambah wawasan serta mengeksplor kreatifitas dan mengasah ketajaman insting dalam berbisnis”.

IMG_6435IMG_6434  IMG_6447

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *