US Consulate Internship

US Consulate Internship

INDONESIAN UNIVERSITY INTERNS HELP CONSULATE

Di kurikulum BIS dan IMT terdapat kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengikuti program Magang /Internship setelah mereka berhasil menempuh 5 semester. Namun terjadi pengecualian di tahun 2012, karena 2 mahasiswa dari jurusan BIS mendapatkan tawaran magang di US Consulate Surabaya selama 6 bulan. Karena dirasa memiliki prospek yang bagus kedepan untuk mendidik para mahasiswa, maka terhitung sejak 22 Oktober 2012, Philbert Lukito Setiawan dan Hannan memulai masa magangnya di US Consulate Surabaya dan berakhir pada 19 April 2013 dengan total pembelajaran selama 26 minggu. Beberapa hasil yang dapat di capai oleh mahasiswa tersebut adalah, membuat Photo Profile dan Struktur Organisasi perusahaan, Upgrade workstation ke Windows 7, memperbaiki database Kontak yang dimiliki oleh US Consulate Surabaya, Support Acara APEC yang diadakaan pada bulan April yang lalu, Update website US Consulate, Update Social Media yang dimiliki oleh US Consulate, membantu para pekerja dalam menghelat acara di US Consulate seperti kunjungan Universitas, acara Martin Luther King Junior dan Gusdur dalam memperingati Human Rights.

Dalam menjalani masa magang yang terbilang lama di US Consulate, kedua mahasiswa tersebut mendapatkan banyak hal. Yang pertama adalah bagaimana mengatur waktu, perlu diketahui bahwa dalam menjalankan magang tersebut, kedua mahasiswa masih mengikuti kegiatan perkuliahan secara penuh selama 2 semester yakni semester 3 dan 4 sehingga time management perlu di cermati agar tidak ketinggalan mata pelajarannya. Kedua, para mahasiswa juga mendapatkan pengalaman untuk bekerja sama dengan orang asing, sehingga dapat belajar budaya kerja di Amerika seperti bagaimana security sangat dijunjung tinggi. Terakhir adalah beberapa kesempatan untuk belajar ilmu yang baru karena banyak sekali bidang yang dikerjakan di sana seperti bagian Telepon dan Radio, Jaringan, Photography, yang tidak di ajarkan di lingkungan akademik Universitas.

Karena dampak yang dihasilkan cukup signifikan bagi pihak Consulate Surabaya maupun bagi Mahasiswa itu sendiri, maka kerjasama perdana antara Progdi BIS dan IMT dengan US Consulate bisa di ikuti oleh Progdi lainnya di Universitas Ciputra. Semoga Kerjasama ini membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia dan khususnya di Universitas Ciputra.