Universitas Ciputra Surabaya Dapatkan Hibah Rp1 Miliar Guna Dukung MBKM. Zona Surabaya Raya. 01 November 2022

ZONA SURABAYA RAYA – Universitas Ciputra Surabaya kembali mendapatkan hibah dari Program kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) untuk level Universitas sejumlah Rp104.310.000 dan total hampir Rp1 miliar untuk kegiatan Wirausaha Merdeka.

Dr. David Sukardi Kodrat, M.M., CPM (Asia) selaku Ketua Tim PKKM UC menjelaskan bahwa untuk mendapatkan hibah ini tim mengajukan proposal.

“Dalam proposal yang kami susun, kami paparkan terkait dengan konsisi pendidikan sekarang, analisa dari gap yang ada, dan kami berikan usulan program yang dijalankan mampu menjalankan 8 bentuk kegiatan MBKM,” terangnya.

“Jadi secara garis besar kami paparkan rencana aktifitas dari level universitas sampai menyentuh ke program studi yang mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”, lanjutnya.

Dijelaskan beberapa usulan program untuk ISS PKKM tersebut yakni:
1. Penyusunan kebijakan BMKM
2. Penyelenggaraan Lokakarya Pengembangan Kemitraan Terstandarisasi
3. Pengembangan sistem informasi
4. Pengembangan sistem informasi MBKM

Standarisasi kerjasama antara Perguruan Tinggi (PT) dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) diperlukan untuk menjamin terciptanya kemitraan yang strategis dan tercapainya kemajuan bersama bagi masing-masing pihak.

Melihat hal tersebut, Universitas Ciputra Surabaya menyelenggarakan seminar dengan tema “Pola dan Kebutuhan Partnership untuk Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha Dunia Industri” sebagai upaya peningkatan kerjasama terstandarisasi untuk kebutuhan PT dan DUDI.

Seminar yang diselenggarakan hari ini, Kamis 20 Oktober 2022, pukul 09:00-12:00 WIB di ruang teater lantai 7 Universitas Ciputra Surabaya tersebut dihadiri tak kurang dari 60 Rektor (atau yang mewakili) dari PT mitra (seperti Universitas Gajayana, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dll) dan 62 DUDI mitra.

Lebih lanjut David memaparkan bahwa kegiatan seminar akan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan MoA dengan 60 PT mitra salah satu kegiatannya adalah Program Wirasusaha Merdeka.

“Saya berharap kegiatan ini bermaafaat bagi perguruan tinggi untuk mengaplikasikan keilmuan dan mendapatkan banyak pengalaman terkait dengan permasalah langsung yang dialami oleh DUDI. Selain bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa juga diharapkan dapat memberikan solusi yang bermanfaat bagi dudi”, terang David.

“Pada akhirnya terjadi peningkatan kualitas lulusan pendidikan tinggi, meningkatkan kualiatas dosen Pendidikan tinggi, dan mengingkatkan kualitas kurikulum dan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha”, tutupnya.***

https://zonasurabayaraya.pikiran-rakyat.com/surabaya-raya/pr-1855714037/universitas-ciputra-surabaya-dapatkan-hibah-rp1-miliar-guna-dukung-mbkm

Artikel lain