UC Partner Orang Tua, Rajut Keberhasilan Anak

UC Partner Orang Tua, Rajut Keberhasilan Anak

Surabaya (25/06/2016)

Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi putra putri tercinta. Semangat ini tampak dari sorot mata optimis para orang tua mahasiswa baru Universitas Ciputra yang pada hari Senin (25/06) menghadiri undangan Parent Gathering.
Dalam kesempatan ini orang tua dapat melihat secara langsung fasilitas yang dimiliki oleh Universitas Ciputra, yang lebih penting dalam kegiatan ini adalah para orang tua dapat membangun interaksi dan komunikasi dengan staff pengajar dan wakil direksi Universitas Ciputra sehingga mendapat informasi yang jelas mengenai program dan pola pendidikan yang akan diterima oleh para mahasiswa dalam menempuh masa studinya.

Dr. Ir. Denny Bernardus, M.M. sebagai wakil yayasan pendidikan Ciputra mengucapkan selamat datang bagi para orangtua mahasiswa tahun ajaran baru ini. Beliau juga memberikan gambaran secara global bagaimana sistem pendidikan yang diberikan di Universitas Ciputra.

IMG_2244 IMG_2277 IMG_2300

Ir. Yohannes Somawiharja, M.Sc selaku direktur akademik juga menyambut hangat kedatangan orang tua. Beliau memberikan gambaran mengenai apa yang akan dipelajari di Universitas Ciputra. “Bukan hanya melengkapi aspek akademik, namun juga belajar entrepeneurship dimana mahasiswa dilatih untuk peka menemukan peluang bisnis, memiliki kreativitas, dan menjalankan rencana yang sudah dibuat. Pelajaran ini bukan hanya untuk berbisnis namun juga bisa diterapkan dalam semua aspek kehidupan” tandasnya.
“Hendaknya kita menjadi partner dalam mendidik anak kita. Kalau di rumah mahasiswa kami adalah anak anda, tapi jika di kampus kami menganggap mahasiswa kami seperti anak kami. Kami akan mendidik dengan memberikan nilai kehidupan yang baik sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan diri menuju tantangan di depan” Imbuhnya dalam sambutan pagi itu.

Dalam acara ini, orangtua diberi kesempatan untuk masuk dalam kelas dimana anaknya nanti akan belajar kurang lebih selama 4 tahun. Di bangunan Universitas Ciputra berlantai 7 ini terdapat setidaknya 12 program yang dapat dipilih untuk mahasiswa belajar mengembangkan diri terutama untuk membangun spirit entrepreneurial dalam diri masing-masing.

IMG_2421 IMG_2440 IMG_2406 IMG_2393 IMG_2382 IMG_2375

Program Sarjana (S1) yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

1. International Business Management
Mahasiswa IBM UC memiliki skill dan mindset seorang Entrepreneur. Melalui proses pembelajaran yang tepat dan terintegrasi , entrepreneurship menjadi suatu budaya di lingkungan kampus UC. Hal ini tercermin dari kurikulum dan kegiatan mahasiswa yang tidak bisa dilepaskan dari dunia bisnis.

2. Accounting
Accounting menggunakan sistem pengajaran akuntansi yang terintegrasi (kreatif, inovatif, dan holistic synergy) serta menggunakan experiential based learning sehingga menyediakan entrepreneurial accounting project. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk magang (apprentice) di perusahaan milih grup Ciputra, namun tidak menutup kemungkinan jika mahasiswa mencari sendiri perusahaan lain dimana mereka bisa mengikuti program apprentice tersebut. Disamping itu IBA juga dalam rangka meningkatkan keahlian dan kompetensi, mahasiswa diberikan extensive accounting training. Melalui beberapa program tersebut diharapkan mahasiswa IBA memiliki keseimbangan dalam “street smart” dan “book smart”, teori dan praktek, serta “hard skill” dan “soft skill”.

3. Marketing Communication
MCM (Marketing Communication) menghasilkan lulusan sarjana ekonomi yang memiliki kompetensi untuk merancang dan menjalankan komunikasi pemasaran perusahaan dalam berbagai skala bisnis dan industri. Metode yang digunakan tidak hanya media konvensional (surat kabar, majalah, dsb) namun juga lebih banyak media digital (social media, digital marketing, dll). Selain itu lulusan juga memiliki kemampuan untuk mendirikan sebuah usaha di bidang komunikasi pemasaran.

4. International Hospitality & Tourism Business
Program khusus International Hospitality & Tourism Business (IHTB) membangun karakter mahasiswa dalam bidang hospitality, kerjasama tim, berpikir kritis, bertanggung jawab dan beretika. Program studi IHTB memberikan pengetahuan berbagai sektor tentang perhotelan dan pariwisata ditambah dengan pendidikan tentang entrepreneur.

5. Culinary Bussiness
Culinary Business Department memadukan multidisiplin ilmu yang ada, yang fokus pada menemukan peluang bisnis, inovasi, kreativitas dan kemampuan entrepreneurial untuk terciptanya Culinary Entrepreneurs

6. Psychology
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku. Kuliah di Alur studi Integrasi Psikologi dan Entrepreneurship memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Kita dapat mengenal dan mengerti kelebihan dan kekurangan diri sendiri sehingga mampu men-determinasi diri sendiri. Kita juga dapat mengenal dan mengerti kelebihan dan kekurangan orang lain, mampu meng-empati orang lain sehingga mampu memberikan alternatif solusi.

7. Teknologi Informasi & Multimedia
Kebutuhan akan Teknologi Informasi sangat meningkat dewasa ini, diantaranya termasuk kebutuhan akan teknologi internet, untuk mendukung dan memudahkan performa dalam bisnis/perusahaan, akademik, pemerintahan, dan sosial. Selain itu industri media digital dan games kini juga berkembang dengan marak dan pesat.

8. Sistem Informasi Bisnis
Di era digital business ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memegang peranan penting dalam proses bisnis sebuah perusahaan. TIK mendukung semua fungsi-fungsi utama bisnis, seperti sistem manajemen penjualan, sistem manajemen akuntansi dan finansial, sistem manajemen inventori, sistem manajemen pelanggan, bahkan sistem yang mendukung keputusan managerial perusahaan.

9. Desain Komunikasi Visual
Alur studi yang menggabungkan kemampuan seni visual dan desain dengan dibantu dengan teknologi untuk mengkomunikasikan ide dan gagasan anda secara visual dan interaktif.

10. Arsitektur Interior
Interior Architecture adalah ilmu desain arsitektur interior untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Proses belajar dimulai dari memahami kebutuhan, kualitas dan suasana ruang, konstruksi bangunan, sains bangunan, sejarah dan teori arsitektur, serta hubungan antara ruang terhadap pelingkup bangunan dan lingkungan luar, baik fisik maupun sosial budaya.

11. Bisnis Desain Fashion
Alur studi Fashion Design and Business, Universitas Ciputra, tidak hanya memberikan pengetahuan tentang dunia fashion dari sisi praktek dan teori saja namun juga membawa bisnis fashion ini ke jenjang fashion yang ready to wear dan entrepreneurship yang akan menghasilkan produk maupun bisnis yang berkelas internasional untuk memajukan dunia mode dan mengangkat budaya Indonesia diajang global.

12. Kedokteran
Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra menghasilkan dokter berkompeten sesuai Standar Kompetensi Dokter Indonesia dan berkemampuan sebagai inovator sosial yang mampu bersaing secara global.

IMG_2349 IMG_2329 IMG_2312IMG_2339 IMG_2455 IMG_2447

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *