UC CHARITY 2018 – “DHINAKARA”

UC CHARITY 2018 – “DHINAKARA”

UC CHARITY for Desa Jarak Jombang – Urip Iku Urup artinya Hidup untuk Memberikan Manfaat

UCCharity adalah sebuah acara yang di bawahi oleh Student Council (BEM) Universitas Ciputra. Kegiatan sosial ini berguna untuk mengembangkan desa-desa terpencil di Indonesia agar dapat lebih maju dan berdampak untuk sekitarnya.

Acara Charity 2018 akan diikuti oleh mahasiswa/i Universitas Ciputra pada tanggal 24 Februari 2018 dan 3 Maret 2018 dengan acara Educational Trip, serta diadakan Live In sebagai puncak acaranya pada tanggal 10-11 Maret 2018. Dalam kegiatan ini, mahasiswa/i akan diajak untuk langsung mengikuti dan merasakan kehidupan masyarakat di pedesaan. Tidak hanya mendapatkan pembelajaran mengenai kehidupan, dalam acara Charity kali ini mahasiswa dapat berperan penting bagi penduduk melalui kegiatan penyuluhan dan edukasi. Acara ini juga merupakan kesempatan bagi mahasiswa/i untuk berbagi baik secara materi, non-materi, dan mengedukasi masyarakat.

Pada tahun 2017 Student Council (BEM) Universitas Ciputra berhasil membuat acara sosial di desa Ranupani, dimana desa ini terletak di kaki gunung Semeru. Acara tersebut meliputi seminar gratis untuk penduduk, kegiatan edukasi menarik untuk anak-anak, dan mengadakan live in bagi mahasiswa/i Universitas Ciputra yang ingin membaur dan membantu warga desa.

Di tahun ini (2018), Student Council (BEM) Universitas Ciputra akan mengadakan Education Trip kembali  pada bulan Februari dan acara Live In pada bulan Maret. Desa yang akan dikunjungi kali ini adalah Desa Jarak kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Mayoritas pekerjaan dari penduduk desa adalah perkebunan dan peternak kambing & sapi. Alasan memilih desa ini adalah dilihat dari kekayaan sumber bahan yang mereka miliki namun mereka tidak tau cara untuk mengembangkannya, serta kembali juga dilihat dari pendidikannya yang mereka tidak begitu dianggap penting bagi mereka, maka dari itu SC UC ingin membantu untuk mengembangkannya. Hal yang akan dilakukan yaitu dengan cara memberi edukasi untuk anak-anak dan memberikan pengarahan enterpreneurship kepada warga di Desa Jarak agar mereka dapat memiliki penghasilan yang cukup serta hidup yang lebih layak dan berkembang.

Disana SC UC juga akan mengajarkan cara mengolah sumber daya alam yang telah dimiliki, diantaranya pengolahan susu menjadi barang jadi seperti ice cream, sabun dan mengajarkan bagaimana cara mengolah keuangan cara menabung yang efektif. Semoga kegiatan ini dapat membuat Desa Jarak lebih berkembang serta membawa kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Untuk kontak lebih lanjut mengenai UCCharity 2018 ini dapat menghubungi :

@uccharity2018 (Instagram)