UC  ada Lembaga Sertifikasi Profesinya?! Diakui Secara Nasional?!

UC ada Lembaga Sertifikasi Profesinya?! Diakui Secara Nasional?!

Lembaga Sertifikasi Profesi atau yang biasa disebut dengan LSP adalah sertifikasi untuk mengkukuhkan kompetensi dimana kemampuan mahasiswa bisa lebih diakui. Contoh saat kita menjadi pengusaha, maka apa yang menjadi kartu identitasnya sebagai pengusaha? Kalau ada bisnisnya maka identitasnya dari bisnisnya, kalau bisnisnya bangkrut lalu apa yang menjadi identitasnya? Maka identitasnya dilihat dari sertifikasi profesi. Contoh lain seperti kalau kita bisa mengendarai mobil maka apa yang bisa menjadi identitas bisa mengendarai mobil? Maka Surat Ijin Mengemudi lah yang menjadi identitasnya. Nah, di UC sendiri ada Lembaga Sertifikasi Profesi lho.. Sertifikasi profesi dikeluarkan oleh Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau biasa disingkat dengan SKKNI.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 13,14, dan 16 Maret 2018, UC kedatangan beberapa mahasiswa Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Mereka datang untuk bekerja sama dengan UC yaitu untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi nasional dalam bidang kewirausahaan, dalam mendapatkan sertifikasi profesinya dibagi menjadi 2 yaitu Mengoperasikan Bisnis dan Pengembangan Bisnis. Sertifikasi profesi ini diikuti oleh mahasiswa Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo program studi Agribisnis. Sertifikasi ini dibuat sebagai pendukung untuk kerja setelah lulus, jadi ga cuma ijazah saja namun ada sertifikasi yang diakui secara nasional.

Event ini dilaksanakan di UC Tower baru lantai 8. Event ini diadakan selama 3 hari yaitu 13, 14, dan 16 Maret 2018. Tanggal 13 – 14 Maret 2018 untuk pelatihannya, selama pelatihan dosen UC memberikan materi sesuai dengan standar nasional yang ada. Untuk tanggal 16 Maret 2018 sendiri adalah assessmentnya. Sertifikasi profesi sendiri juga mulai diterapkan sejak angkatan 2015 dan hanya untuk program studi IBM, dan itu pun masih bersifat optional belum wajib. Hal ini diharapkan bisa mendukung mahasiswa IBM ke depannya setelah lulus dari UC, jadi ga cuma ijazah saja namun ada sertifikasi yang diakui secara nasional.

 

Kontributor: Octavianus Bastian Adhitama – IBM – 2016