Transforming the Future Success of Gifted and Talented Children with Entrepreneurship

Transforming the Future Success of Gifted and Talented Children with Entrepreneurship

Pada hari sabtu (7/9) bertempat di ruang auditorium Universitas Ciputra (UC), jurusan Integrated Psychology and Entrepreneurship (PSY) mengadakan kegiatan workshop bertemakan “Gifted Child”. Workshop ini menjadi semakin istimewa dengan diadakannya teleconfrence bersama Prof. Joseph . S Renzulli seorang Professor dari Universitas Conneticut serta pencetus  istilah “Gifted Child” yang berkembang hingga saat ini.  Renzulli dikenal dengan teorinya mengenai “Three-rings model”  dari giftedness serta pengembangan-pengembangan yang dilakukan dalam memahami anak-anak berbakat. Beliau juga terkenal akan pengembangan sistem pendidikan bagi anak-anak berbakat yang dicetuskannya.

renzulli1 renzulli2

Selain melakukan teleconference dengan Renzulli, mahasiswa juga mendapatkan materi dari Antonius Tanan.  Antonius Tanan yang memiliki gelas master di bidang psikologi ini ternyata merupakan salah seorang mantan mahasiswa dari Renzulli. Mengikuti jejak dosennya, Antonius Tanan juga memiliki perhatian yang besar bagi anak-anak berbakat. Beliau menjelaskan kriteria-kriteria dari anak-anak berbakat serta penjabaran mengenai bagaimana sistem pengajaran entrepreneurship bagi anak-anak berbakat.

renzulli3

Dekan dari jurusan PSY , Dra. Jenny Lukito Setiawan, M.A., PhD  juga turut ambil bagian dalam workshop yang berdurasi selama kurang lebih enam jam ini. Jenny Lukito yang merupakan lulusan dari Universitar Nottingham, Inggris menjelaskan mengenai karakteristik anak-anak berbakat. Disamping memberikan materi mengenai gifted child, beliau juga mengundang empat orang anak berbakat untuk menunjukan kemampuan mereka serta menceritakan pengalaman mereka menjadi anak berbakat.