Tourism Hospitality International Conference

Tourism Hospitality International Conference

THIC 2014

Langkawi pada tahun ini menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan THIC 2014. Ini merupakan tahun kedua diadakannya Tourism & Hospitality International Conference (THIC) yang diselenggarakan pada tanggal 5 – 6 November 2014. Bertempat di Holiday Villa Beach Resort & Spa Langkawi, THIC 2014 yang disponsori oleh Lada dan Tourism Malaysia ini memiliki tema  Dimensions of Sustainability in the Planning, Develompment and Management of Tourism and Hospitality Industry.

Universitas Ciputra berkesempatan untuk turut menyelenggarai konferensi yang dikelola oleh School of Tourism, Hospitality and Environmental Management dari Universiti Utara Malaysia, bekerja sama dengan Prince of Songkla University dan  Universitas Ciputra tentunya. Dihadiri oleh para pengajar dari beberapa negara seperti Australia, Nigeria, UK, China, Indonesia, Thailand dan tentu saja tuan rumah, Malaysia.

Para pembicara yaitu Emeritus Prof. Dato’ Dr. Abdul Kadir Din dan Prof. Dr. Kalsom Kayat dari UUM, Associate Prof. Manat Chaisawat dari PSU. Mewakili Universitas Ciputra, Dr. Yusak Anshori, turut menjadi Keynote Speaker yang pada kesempatan kali ini membawakan presentasi mengenai Non Smoking dan Green Hotel di Surabaya.

Universitas Ciputra sendiri rencananya akan menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan THIC 2015. Dan berikut ini merupakan testimoni dari mahasiswa dan mahasiswi IHTB, Diah, Wayne dan Diana yang turut berkesempatan untuk ambil bagian dalam THIC 2014.

THIC 2014 - 2

“THIC 2014 memberikan pengalaman berkesan terutama dalam mereview materi pembelajaran yang telah diberikan di IHTB UC pada semester – semester sebelumnya. Semua sangat bermanfaat dan menjadi tolak ukur kemampuan kita di tingkat Internasional bahkan setara dengan pendidikan Master dan Ph.D. Untuk itu, manfaatkan waktu pembelajaran di IHTB UC semaksimal mungkin, agar mampu membuktikan dan turut bersaing dalam kancah internasional.” (Diah Primasari – Mahasiswi IHTB 2012)

“Dari THIC 2014 saya mendapatkan banyak sekali ilmu baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Seluruh peserta yang ada rata – rata bergelar Master dan Ph.D. Mereka berbagi ilmu dengan kami yang bahkan masih dalam proses menjadi Sarjana atau Bachelor. Saya menyadari bahwa materi program studi Master & Ph.D di luar sana juga diberikan pada program studi sarjana di UC. Banyak hal yang saya dapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh mereka mengenai metode penelitian, Green Hotel, Community Based Tourism, Tourism and Hospitality Study, dan lainnya. Merupakan pengalaman yang menyenangkan, bisa menambah networking. Harapan saya, kedepannya Indonesia boleh menjadi negara yang maju dalam hospitality dan service sehingga para wisatawan yang datang mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.” (Wayne O.- Mahasiswa IHTB 2012)

“Pengalaman saya mengikuti THIC 2014 adalah saya dapat menjalin relasi baru dengan banyak orang. Menjadi lebih spesial karena mereka semua adalah orang – orang yang berasal dari negara yang berbeda. Kami dapat saling berbagi informasi mengenai keadaan pariwisata di negara masing – masing. Selain itu, kami juga mengikuti sesi – sesi presentasi mengenai riset dan penelitian dari beberapa pembicara yang bergelar Master dan Ph.D. Hal yang mengejutkan adalah, presentasi yang dibahas oleh para pembicara tersebut dapat kami pahami dengan mudah, karena telah diajarkan pada kami di semester 2 dan 3. Hal ini tentu membuat saya sadar, bahwa mahasiswa IHTB UC juga dapat disandingkan dengan lulusan dari luar negeri.” (Diana Lestari Gosal – Mahasiswi IHTB 2012)