Pelatihan PEKERTI telah dilaksanakan Pada Tanggal 03 Desember 2018 s/d 28 Februari 2019. Peserta sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan selama 3 bulan. Adapun Kegiatan  Pelatihan  PEKERTI  yang  bekerjasama  dengan  ITS,  Berikut  Agenda  dan  Timeline  kegiatan  sebagai  berikut:

A. Tujuan Kegiatan

Program Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada dosen tentang praktek mengelola strategi pembelajaran yang tertuang dalam dokumentasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sehingga mahasiswa termotivasi dan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

B. Capaian Pembelajaran

Setelah mengikuti pelatihan PEKERTI, dosen akan mampu mengelola strategi pembelajaran yang bisa memotivasi dan melibatkan mahasiswa secara aktif melalui penyusunan perencananaan strategi belajar, penilaian, penugasan dan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.

C. Fasilitator Kegiatan

Kegiatan ini difasilitasi oleh tim fasilitator dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) bersama dengan tim Universitas Ciputra Surabaya (UC) di bawah koordinasi Direktorat Akademik ITS.

Tim ITS

  • Endrotomo, M.T.
  • Ir. Achmad Zubaydi, M.Eng., Ph.D.
  • techn. Pujo Aji, ST., MT.
  • Eng. Siti Machmudah, ST. M.Eng
  • Nuri Wahyuningsih M.Kes
  • Ahmad Muklason, S.Kom., M.Sc., Ph.D.
  • Eng. Unggul Wasiwitono, S.T, M.Eng.

Tim UC

  • Lucky Cahyana Subadi, S.Pd., M.M.
  • Dwi Sunu Widyo Pebruanto, S.Pd., M.Ed., Ph.D
  • Laurensia Maureen Nuradhi, S.T., M.M.
  • Febe Yuanita Ratna Indudewi, S.E., M.M.

Metode Pelaksanaan

Dalam rangka mencapai learning outcome yang telah ditetapkan, maka kegiatan ini dibuat dalam bentuk pelatihan dengan metode blended learning.

  • Pembekalan materi pelatihan diberikan dalam bentuk kegiatan dan interaksi secara offline (tatap muka).
  • Penerapan materi secara langsung diberikan melalui tugas untuk menyusun satu tahapan rencana pembelajaran yang interaktif dan praktik dalam kegiatan micro-teaching secara offline (tatap muka).
  • Penerapan pembelajaran online dilakukan melalui pemberian tugas berupa video improvement plan dan kuis pada Learning Management System (LMS).
  • Evaluasi penerapan materi pelatihan dalam kelas dilakukan melalui kegiatan pembimbingan, kunjungan ke kelas, dan pemberian umpan balik dari fasilitator bagi pengembangan keterampilan peserta.

Hasil Kegiatan

Selama proses menjalani kegiatan pelatihan PEKERTI, para peserta pelatihan dapat menyusun rancangan satu tahapan pembelajaran yang terdiri dari capaian sub pembelajaran, aktivitas pembelajaran dan materi interaktif pada tahapan tersebut, serta merancang tampilan materi dan aktivitas pembelajaran di LMS.

Rancangan aktivitas dan materi interaktif itu kemudian disampaikan dalam kegiatan micro-teaching dihadapan fasilitator dan peserta lainnya, sebagai bentuk latihan mempraktikkan rancanngan yang telah disusun dan sarana untuk mendapatkan feedback perbaikan.

Manfaat Kegiatan

Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan, para peserta menyampaikan beberapa manfaat setelah mengikuti pelatihan PEKERTI diantaranya sebagai berikut:

  • Dengan mengikuti pelatihan PEKERTI, saya mendapatkan pengetahuan tambahan untuk siap menjadi seorang dosen baru yang efektif dalam membawakan materi yang sesuai bagi milenial.
  • PEKERTI membuka wawasan dan melengkapi saya dalam menjawab tantangan dalam pembelajaran di UC.
  • Pelatihan ini sangat berguna bagi saya untuk meningkatkan kualitas saya sebagai seorang dosen.
  • Pelatihan PEKERTI perlu untuk pengajar agar dapat lebih dapat memperdalam pengetahuan dan kemampuan mengajar, serta mengikuti perkembangan jaman.

 

Menu