Tips Tetap Sehat Selama Liburan

Tips Tetap Sehat Selama Liburan

Tubuh yang sehat adalah modal awal liburan indah. Berikut tips tetap sehat selama liburan dari Universitas Ciputra:

1. Makan cukup dengan menu bergizi

Walaupun sedang liburan jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Mencoba makanan dan minuman ditempat berlibur itu wajib hukumnya, tapi pastikan tempat makanannya bersih dan tertutup, serta tidak terpapar debu yang mudah membawa kuman penyakit. Nggak mau kan sakit pas liburan?

Perhatikan juga camilan yang kita bawa. Sebisa mungkin hindari konsumsi camilan tidak sehat sepanjang perjalanan, seperti kudapan yang mengandung penyedap rasa, pemanis, atau pengawet. Camilan tidak sehat itu bisa loh digantikan dengan buah-buahan yang awet seperti apal dan jeruk.

2. Istirahat cukup

Di saat berlibur, kita sering banget lupa waktu. Menjelajah tempat baru dan berkumpul bersama keluarga / teman itu memang asyik, tapi pastikan juga untuk meluangkan waktu untuk istirahat. Tidur yang cukup mampu menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga.

3. Siapkan Vitamin untuk menjaga tubuh tetap fit

Makan dan istirahat cukup akan lebih baik lagi jika didukung dengan mengkonsumsi vitamin C. Vitamin C yang dipercaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dapat dikomsunsi setelah makan.

4. Apabila tubuh mulai terserang flu ( gejala flu : batuk, pilek dan meriang) maka tidak cukup hanya konsumsi vitamin, diperlukan konsumsi obat daya tahan tubuh, seperti imboost, imunos, formuno. Dikonsumsi pada pagi hari setelah makan. *minum sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Tips terakhir dari dr. Jemima adalah pilih baju yang sesuai dengan cuaca. Menurut dr. Jemima, pakaian akan membantu menjaga suhu badan dari perubahan cuaca. “Jika kita liburan didaerah yang dingin, jangan lupa untuk memakai baju hangat, sehingga tubuh terlindungi dari dingin dan angin”, jelas dokter Jemima.

Selamat berlibur dan salam sehat.

 

dr.Jemima Lewi Santoso
Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra.