Tantangan Entrepreneur Indonesia Menghadapi AEC 2015

Tantangan Entrepreneur Indonesia Menghadapi AEC 2015

Tantangan Entrepreneur Indonesia menghadapi AEC 2015

Tahun 2015 dapat menjadi tahun yang penuh tantangan bagi perkembangan ekonomi  Indonesia. Bagaimana tidak? ASEAN, organisasi regional yang menyatukan negara-negara di kawasan Asia Tenggara ini mengumumkan bahwa Asean Economic Community (AEC) akan diberlakukan pada tahun 2015.

Jadi sebenarnya apa itu AEC? Mengapa keberadaanya mampu mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia? Inti dari AEC adalah membuka luas pasar arus ekspor-import barang dan jasa ataupun investasi antarnegara ASEAN dimana  permasalahan tarif dan non tarif sudah tidak diberlakukan kembali. Dengan diberikannya kemudahan untuk bertransaksi antar negara di Asia Tenggara, diyakini dapat menjadi peluang ataupun tantangan bagi perekenonomian masyarakat Indonesia.

Untuk menjelaskan kemungkinan situasi ekonomi dan industri yang dapat terjadi di Indonesia kepada para calon entrepreneur muda, Dyah Winarni Poedjiwati, MBA yang merupakan staf ahli menteri bidang sumber daya industri dan teknologi memberikan seminar nasional dengan judul “ Tantangan dan Antisipasi Dunia Industri Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)” di Universitas Ciputra (UC) pada hari Sabtu (18/1).

IMG_0151

Dijelaskan dalam seminar, Indonesia dalam susunan peringkat daya saing di negara Asia menempati posisi ke-9 dimana Indonesia masih berada di bawah peringkat Thailand, Malaysia dan Singapura sehingga dapat dikatakan untuk menghadapi AEC 2015 perlu dilakukannya beberapa pembenahan khususnya di bidang industri.

IMG_0116 IMG_0114 IMG_0164

Beberapa rencana yang dibuat sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing di bidang industri antara lain adalah dengan menguatkan struktur industri dan meningkatkan iklim industri. Selain itu, pemerintah juga akan mengupayakan pemberian pelatihan berbasis kompetensi sebagai upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk menghadapi persaingan dengan SDM dari negara lain.

IMG_0212

Acara ini juga bertepatan dengan penerimaan mahasiswa baru pascasarjana batch kelima.

IMG_0042 IMG_0061 IMG_0080

Video acara terkait

Kunjungi juga website >> Magiter Manajemen UC <<

Ingin tahu bagaimana mahasiswa UC menjalankan bisnisnya? ikuti EJOURNEY

Jangan Lupa untuk follow Twitter dan Add Facebook kami

facebook twitter

karena banyak kuis dan menangkan hadiahnya!

http://youtu.be/OPx1NYEGobw