Talkshow Magister Manajemen Universitas Ciputra

Talkshow Magister Manajemen Universitas Ciputra

Narasumber : Dr. David Sukardi Kodrat, M.M., CPM (Asia)
: Ketua APRESINDO (Asosiasi Persepatuan Indonesia) & Dosen MM UC
: Agathe R.T. – Area Sales Manager at DHL Express Indonesia
: Alumni UNAIR & Mahasiswa MM UC Batch 16 Corporate Entrepreneur

(PENYIAR) Hallo Sobat setia SS, apakah anda sekarang sedang bingung karena bisnis serba sulit atau karir sudah lama stagnan, ragu dalam memulai usaha sendiri atau ingin lanjut kuliah yang lebih banyak ilmu praktis daripada ilmu teori ? Malam ini kita akan diskusi solusi masalah-masalah yang tadi, plus kalau ada yang mau sambil meningkatkan bisnis dan karir juga dapat gelar S2 di Universitas Ciputra, jadi sekali dayung, dua pula terlampaui.

(P) Malam ini khusus Saya undang para tamu-tamu istimewa Saya untuk berdiskusi bersama menjawab permasalahan Anda. Tamu-tamu Saya ini merupakan Ketua Asosiasi Persepatuan Indonesia (APRESINDO), beliau merupakan Peneliti, Pakar Bisnis dan tenaga pengajar professional S2 Universitas Ciputra. Saya juga mengundang Manager salah satu perusahaan logistik terbesar di Indonesia, yaitu DHL Express Indonesia yang merupakan Mahasiswa S2 Universitas Ciputra.

(P) Sedikit informasi sebelum bincang-bincang, Universitas Ciputra ini merupakan universitas tercepat di Jawa Timur yang mendapat Akreditasi A. Program S2 Pascasarjana Magister Manajemen (S2). Sudah berdiri selama 7 tahun, S2 UC berhasil menjadi S2 dengan jumlah mahasiswa terbanyak kedua di Surabaya. Sekarang merupakan kesempatan emas untuk Anda untuk memulai awal tahun dengan berkonsultasi GRATIS dengan para pakar bisnis malam ini di radio Suara Surabaya untuk masalah-masalah di bisnis atau karir Anda.(P) Selamat malam Pak Irawan bisa perkenalkan tim yang hadir bersama Bapak…

(I) Selamat malam Pak (Memperkenalkan Pak Dav & Bu Aga).

(P) Selamat malam, kita mulai dari Bu Agathe ya, bisa ceritakan sedikit tentang Anda ?
(A) Saya Agathe, mahasiswa semester 3 S2 UC dan bekerja sebagai Area Sales Manager di DHL Express ; Ibu dari 3 anak ,Ibu bekerja yang senang belajar dan mendapatkan dukungan penuh dari keluarga untuk menjalankan kegiatan-kegiatan saya; sehingga saya selalu berusaha menyeimbangkan perhatian saya antara kegiatan diluar keluarga dan keluarga. Dukungan mereka sangat penting, karena pekerjaan saya menuntut cukup banyak waktu dan saya sering bertugas keluar kota, sehingga saya sering melakukan komunikasi jarak jauh kepada anak2 dan saya bersyukur karena selalu berkomunikasi secara terbuka, mereka sangat membantu dengan dukungan penuh dengan kondisi ini.

(P) Dengan kondisi Ibu yang sudah bekerja dan punya jabatan sebagai manager. Kenapa mau kuliah S2 lagi Bu?

(A) Alasan pertama, saya senang belajar, dan selama bekerja saya banyak pendapatkan pelajaran2 berharga. Menurut Saya, kuliah sambil bekerja itu merupakan tantangan, jadi Saya mencari program kuliah yang nyambung dengan bidang pekerjaan Saya. Jadi nggak cuma teori saja, tapi bisa langsung saya pakai ilmunya di pekerjaan Saya. Saya mendapatkan beberapa rekomendasi dari teman-teman Saya yang pernah kuliah di UC dan Saya merasa program kuliah S2 UC dapat membantu memperbaiki peforma kerja Saya. Karena perkuliahan di S2 UC juga hanya 2x dalam seminggu. Akhirnya Saya daftar program S2 UC, kelas Corporate Entrepreneur. Jadi, Saya bisa fokus dengan hal yang Saya kerjakan dan jalani sekarang. Fokus memperbaiki dan meningkatkan performa kerja Saya.

(P) Menarik sekali, ketika studi dan karir saling berkaitan. Jadi nggak merasa bosan dan hasilnya pun akan maksimal. Tadi Bu Agathe bilang/ Ibu mengikuti kelas Corporate Entrepreneurship di S2 UC. Bisa dijelaskan lebih mendalam nih tentang kelas apa aja sih di S2 UC. Mari kita tanya langsung ke Pak Irawan sebagai Tim Informasi S2 UC ?

(I) Di S2 UC/ Kelas perkuliahan kami peminatannya ditujukan kepada 3 kategori, yaitu pertama, bagi karyawan yang ingin meningkatkan karir dan mengembangkan perusahaan tempat mereka bekerja. Kedua, bagi penerus atau pemilik perusahaan keluarga yang perlu untuk menjaga keberlangsungan bisnis lintas generasi dan yang ketiga yang ingin memulai usahanya sendiri. Jadi, calon mahasiswa bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya/ Jika anda yang punya kebutuhan untuk belajar dan mempelajari tentang bagaimana, meningkatkan kualitas perusahaan dan menjadi karyawan unggul agar memenangkan persaingan global, bisa mengikuti program Corporate Entrepreneurship Management. Sedangkan, jika Anda
merupakan pemilik usaha atau penerus perusahaan keluarga, Kami satu-satunya Universitas yang memilki program khusus di kelas Family Managed Management.

(P) Setelah tahu penjelasan program yang dimiliki S2 UC. Program S2 UC ini mempunyai nilai tambah yang mungkin tidak semua Universitas miliki yah. Jadi, bisa meningkatkan studi, karir dan bisnis tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang sedang kita tekuni karena ilmunya ilmu praktis, bukan hanya teori. Nah Bu Agathe, kenapa Ibu memilih S2 UC ?

(A) Saya mendaftar dan mengikuti program S2 UC ini sama seperti Saya Investasi dalam dunia pendidikan untuk menunjang karir, karena salah satu yang berharga dalam hidup ini adalah ilmu yang bermanfaat yang digunakan sebagai perbaikan & pengembangan diri dan sifatnya jangka panjang. Proses pengembangan diri Saya selama kuliah di S2 UC/ secara otomatis meningkatkan karir kita. Saya merasakan langsung manfaat kuliah di S2 UC dengan banyak hal2 baru secara teori yang saya dapatkan dalam perkuliahan, ternyata adalah hal yang selama ini berhubungan dengan pekerjaan sehari2. Sehingga ketika ada permasalahan dalam pekerjaan sehari2 otomatis hal tersebut bisa saya terapkan sebagai solusi dengan lebih terstruktur dan sistematis sejak saya mendalami teorinya di S2 UC.

(P) Menarik, Nah, Pak David. Saya semakin ingin tahu nih, Bapak sebagai pakar bisnis dan dosen. Bagaimana sih kuliah S2 itu penting dalam karir dan usaha ?

(D) Kuliah S1 manajemen ibaratnya seperti kita mengarungi samudra. Semua ada. Tapi ketika kita menjadi nelayan maka yang kita butuhkan adalah ikan yang ada di samudra. Atau ketika menjadi petani garam maka yang dibutuhkan adalah air samudra. Seperti itulah manfaat kuliah S2. Fokus S2 akan lebih tajam pada kompetensi dan kebutuhan individu. Sehingga baik untuk peningkatan karier ataupun meningkatkan kompetensi membangun usaha.

(P) Pak David, Bagaimana peluang lulusan S1 non-manajemen yang ingin lanjut kuliah S2 MM UC untuk memulai usaha sendiri atau meningkatkan karir dari segi inovasi bisnis, apa bisa Pak ??

(D) Bagi mahasiswa S1 non-manajamen mendapat pembelakalan yang cukup. Pembekalan ini dianalogikan sebagai pintu masuk pada program studi magister manajemen.Melalui pintu masuk ini maka mereka akan mudah mengikuti mata kuliah dasar, projek dan kompetensi untuk peningkatan karier ataupun untuk membangun usaha.

(P) Pak David bisa bantu jelaskan ke sobat SS nih, model perkuliahan yang diajarkan S2 UC seperti apa sih Pak ?

(D) Seperti yang disampaikan rekan-rekan Saya tadi, program kuliah S2 UC mirip Anda bayar konsultan buat bisnis anda karena ilmu-ilmu yang diberikan bisa langsung diterapkan sesuai praktek di bisnis atau kerjaan Anda langsung, ditambah kalau ada masalah bisa tanya-tanya dan dibimbing oleh dosen lagi. Dosen-dosen S2 UC kan para praktisi bisnis. Bedannya kuilah di S2 UC itu sekalian dapat bonus gelar S2 dan networking yang sangat luas. Ya, bisa dibilang ini investasi buat anda, jauh lebih hemat dan bermanfaat daripada sewa konsultan bisnis.

(D) Sejak awal perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan menyampaikan project yang ingin mereka kembangkan. Baik project perusahaan tempat dia bekerja atau membangun usaha dari awal. Kami akan bantu untuk mengarahkan dan membimbing mahasiswa sesuai tujuan yang ingin dicapai mahasiswa. Jadi untuk dasar program magister manajemen karena tidak semua mahasiswa berasal dari S1 Manajemen, maka kita mengajarkan tentang bagaimana mendapatkan dan mengelola Sumber daya manusia, bagaimana menciptakan dan mengembangkan pasar serta bagaimana mendapatkan, menginvestasikan dan mengembangkan sumber daya keuangan secara individu maupun secara korporasi. Setelah itu, kita mengajarkan bagaimana seluruh matakuliah tersebut dapat diaplikasikan dalam pekerjaan ataupun dalam membangun usaha melalui mata kuliah entrepreneurial project.Bagi mahasiswa yang ingin meningkatkan bisnis ditempat kerjanya akan banyak dibekali dengan strategi-strategi untuk mengembangkan korporasi.Bagi mahasiswa yang ingin membangun usaha atau mengembangkan bisnis keluarga akan dibekali dengan mengintegrasikan pengelolaan usaha, hubungan dengan keluarga, dan struktur kepemilikan sehingga menciptakan perusahaan
keluarga yang bertumbuh secara berkelanjutan.

(P) Boleh sharing Pak, yang diharapkan Mahasiswa yang bergabung dengan S2 UC ?

(D) Dari hasil amatan kita, mahasiswa yang berkuliah di S2 UC mempunyai harapan: (1) mereka menginginkan pengalaman praktis dari dosen pengajar dari pada teori saja karena bisa baca sendiri, (2) jejaring yang dimiliki UC termasuk dengan sesama rekan mahasiswa, realitanya saat ini sudah banyak yang akhirnya jadi saling transaksi mulai dari jutaan sampai puluhan juta (3) lebih banyak memberikan solusi bisnis yang realistis dan bisa diterapkan terhadap permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan usaha.

(P) Baik, S2 UC memberikan kesempatan praktek secara langsung kepada mahasiswanya yah/ Nah, Bu Agathe, boleh cerita pengalamannya setelah mendaftar dan menjadi mahasiswa S2 UC ?

(A) Pengalaman saya di S2 UC luar biasa, saya banyak bertemu orang-orang hebat dan positive; baik para dosen, maupun teman2 sesama mahasiswa dan itu memberikan semangat yang luar biasa juga untuk saya pribadi. Kegiatan2 nya juga sangat menarik, kita diberi pelajaran secara keilmuan, juga hal2 yang membuat hidup menjadi seimbang seperti materi kesehatan, driving (bermain golf), pengetahuan tentang UKM dan entrepreneurship langsung di lapangan dan kunjungan ke perusahaan besar.

(I) Jadi Saya ingin menambahkan nih Pak, setiap Batch mempunyai kesempatan kunjungan yang beragam. Kami juga pernah mendapat kesempatan mengunjungi Sampoerna, Viva Kosmetik dan Bogasari. Mahasiswa melihat proses operasional perusahaan secara langsung kemudian berdiskusi dengan para pimpinan perusahaan dalam membangun solusi yang tepat untuk strategi perusahaan.

(P) Sangat menarik yah, perkuliahan tidak hanya di dalam kelas saja. Tapi aktifitasnya juga menyenangkan. Saya juga mengikuti informasi kegiatan S2 UC dari Instagram loh Bu. Nah, buat pendengar SS yang ingin tahu detail kegiatan S2 UC , bisa buka instagram @ucmagister, jangan lupa follow yah. Dan Bagi para pendengar SS, yang ingin mendaftarkan diri S2 UC bisa lihat website www.uc.ac.id/pascasarjana atau berdiskusi dengan kami sekarang juga, bisa telfon malam ini ke radio suara surabaya ke …. (hotline Radio SS).

(P) Baik, seperti yang kita tahu Bu. Sebagai orang yang mempunyai pekerjaan atau menjalankan usaha. Bagaimana membagi jam perkuliahan, jam kerja, dan jam bersama keluarga Bu?

(A) Ya, disinilah tantangannya. Saya selalu membuat jadwal rutin mingguan atau dalam 1 bulan untuk kegiatan saya, dan sejak setahun ini jadwal kegiatan bulanan, saya sesuaikan dengan kegiatan perkuliahan saya. Saya berusaha dan bisa menyelesaikan dengan support dari teman2 satu angkatan di batch 16 MM UC yang sangat kompak. Sehingga semuanya Alhamdulillah so far bisa berjalan lancar dan baik dengan support dari keluarga, atasan saya, dan teman2 dekat saya dalam menyelesaikan tuga-tuga kuliah dan kerja Saya.

(P) Dukungan dari lingkungan sekitar mempengaruhi pengembangan diri kita yah. Mahasiswa MM UC sangat kompak yah, saling mendukung satu sama lain. Nah, Pak Irawan mungkin boleh nih memberikan gambaran suasana kuliah S2 di UC, Pak.

(I) Mahasiswa S2 kami itu dari berbagai latar bidang baik pendidikan maupun profesinya yaitu dokter gigi, dokter spesialis bedah syaraf, pengusaha kuliner, pengusaha tour & travel, exportir, general manager bahkan yang sudah bergelar insinyur pun ada. Seperti yang dibilang tadi, relasi antar mahasiswa yang luas ini membuat mahasiswa punya banyak peluang, Buktinya, sering loh, para mahasiswa bisa menemukan dan melakukan kolaborasi bisnis bersama. Salah satu hal yang mahasiswa S2 kami suka kuliah di UC itu proses pembuatan thesisnya profesional dan transparan, nggak dipersulit disuruh yang aneh-aneh, janjian ketemu dengan dosen juga mudah, makanya mayoritas mahasiswa kami lulusnya tepat waktu.

(P) Tadi sebut tentang Ilmu Praktis dan Ilmu Teori, ada contohnya perusahaan yang maju pesat karena ilmu dari kelas ?

(I) Nah, kuliah S2 UC belajar ilmu praktis dan ilmu teori. Salah satu alumni kami, merupakan salah satu manajer, pabrik gula melakukan inovasi berdasarkan pelajaran di kelas kita sehingga, perusahaan bisa menghemat hingga puluhan Milyar dengan mengatur Sumber Daya Manusia (SDM) dari cara bekerjanya. Bisa bayangkan dari 76 SDM yang ada di perusahaan dengan ilmu dari kelas bisa meningkatkan produksi 10.000 ton/hari yang harusnya bisa tercapai jika karyawan 200 orang atau 2x lipatnya dan itu menjadikan peringkat ke-2 se-Indonesia. Jadi, proses perkuliahan kami benar-benar menggunakan projek nyata yang dikerjakan mahasiswa dengan bantuan para dosen yang diajarkan di kelas perkuliahan S2 UC. Seperti yang dibilang sebelumnya, seperti bayar konsultasi bisnis plus gratis dapat gelar.

(P) Bisa memperluas networking langsung dengan para pengusaha serta menambah kolega dari perusahaan-perusahaan lain yah Pak. Wawasan kita membangun solusi dan inovasi baru dari berbagai sudut pandang yah. Apalagi nih Pak contohnya?
(I) Pernah juga nih, mahasiswa kita melakukan transaksi saat jam istirahat kuliah. Mahasiswa yang merupakan pedagang pinang dan exportir kelapa sawit & produk minyak. Setelah mereka bertukar informasi, hari itu juga mereka bekerja sama dan transaksi bisnis di kampus saat jam istirahat.

(P)Wah benar-benar, bisa mendapatkan kesempatan dan peluang bisnis jika kuliah di S2 UC. Sekarang, project apa sih yang Ibu kerjakan selama kuliah di S2 UC ?

(A) Saya mengerjakan pengembangan perusahaan Saya yaitu, sistem integrasi yang diterapkan dalam hal pengembangan logistik dan sistem informasi, tempat saya bekerja. Project yang Saya kerjakan ini, mendapatkan mentoring secara langsung oleh dosen S2 UC yang merupakan praktisi bisnis dalam pengembangan inovasi dan strategi bisnis. Sehingga, project yang Saya kerjakan ini bisa langsung Saya terapkan di perusahaan Saya. Ini merupakan suatu keuntungan yang Saya dapatkan di S2 UC. Saya bisa berkonsultasi dengan para dosen dan mengembangkan project perusahaan Saya sebagai project bisnis dani project tugas kuliah Saya secara bersamaan.

(P) Informasi malam ini benar-benar menarik, banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan jika mendaftar dan menjadi mahaiswa di S2 UC. Karena dari diskusi Bu Agathe dan informasi dari Pak David. Kita jadi tahu banyak kalau melanjutkan kuliah di UC ini sangat membantu kita dalam melakukan pengembang diri, yang secara otomatis membentuk karakter kita menjadi karyawan yang unggul. Selain itu, kita juga punya kesempatan belajar membangun usaha yang di bimbing oleh para pakar bisnis seperti Pak David dan yang tidak kalah penting, networking di MM UC sangat luas yah, bahkan tidak sedikit mahasiswa yang sudah profesi , daftar menjadi S2 UC. Meningkatkan studi, karir atau bisnis secara bersamaan. Pengalaman yang didapatkan sangat luar biasa.

(P) Bagi Anda yang ingin meningkatkan studi, karir dan bisnis/ Sekarang inilah saatnya bergabung dengan S2 UC. Sekalian loh, ketemu para pemiliki perusahaan, para manager, dan dosen-dosennya praktisi bisnis. Kalau mau tanya-tanya lebih langsung dan daftar S2 UC gimana nih caranya Pak Irawan ??

(I) Kuliah Perdana kami akan dimulai tanggal 19 Januari 2019. Kalau ada yang minat tapi merasa mepet maupun kendala dalam proses pembayaran. Kami bisa bantu buatkan skema cicilan atau skema pembayaran lain bisa hubungi kami. Kami sangat terbuka bagi Anda yang ingin tau lebih banyak tentang S2 UC. Kami sedang bukan pendaftaran batch 18/ Akan ada banyak penawaran harga special buat pendaftar S2 UC Batch 18. Bisa langsung hubungi kami di …. Atau langsung datang ke kantor kami di Universitas Ciputra….