Syarat Masuk Pendidikan Jurusan Kedokteran sampai Mata Kuliahnya

Menjadi seorang dokter termasuk salah satu cita-cita sebagian orang sewaktu kecil. Setelah dewasa, profesi dokter juga menjadi digemari karena berbagai alasan. Apabila Anda ingin menjadi seorang dokter, maka harus menempuh kuliah Jurusan Kedokteran terlebih dahulu.

Jurusan Kedokteran adalah salah satu jurusan favorit pada penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi setiap tahunnya. Prospek kerja sebagai seorang dokter memang paling menjanjikan. Apalagi kebutuhan dokter dari tahun ke tahun semakin meningkat pesat.

Sekilas Tentang Kuliah Jurusan Kedokteran

Kedokteran merupakan salah satu cabang dari ilmu kesehatan yang mempelajari terkait mempertahankan kesehatan serta keselamatan nyawa manusia dan makhluk hidup lainnya. Jurusan ini nantinya bisa mempelajari seputar sistem tubuh manusia, penyakit, cara pengobatan, serta penerapannya.

Syarat Masuk Jurusan Kedokteran

Tentunya ada berbagai macam persyaratan umum untuk dapat menempuh kuliah Jurusan Kedokteran. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Pemahaman di bidang Fisika, Kimia dan Matematika

Agar bisa mengambil Jurusan Kedokteran, Anda harus memahami konsep yang baik seputar kimia, fisika, dan matematika. Mengingat tubuh manusia termasuk sesuatu yang kompleks, terdiri dari organ, jaringan, serta sistem yang saling bergantung satu sama lain.

Oleh karena itu, Anda harus mampu memahami konsep pelajaran kimia, fisika, dan matematika. Hal ini dilakukan agar bisa memahami interaksi dan reaksi yang terjadi dalam tubuh.

  1. Mampu Berpikir Sistematis

Setiap sel serta sistem yang ada di dalam tubuh manusia biasanya akan saling berhubungan. Bahkan, sangat bergantung antara satu sama lain.

Ibarat seperti mesin pabrik yang bekerja dalam alur tertentu untuk data menghasilkan sesuatu, sama halnya dengan tubuh manusia. Oleh karena itu, diperlukan skill berpikir secara menyeluruh dan sistematis agar Anda bisa memahami dan menganalisis secara baik ketika menempuh kuliah Jurusan Kedokteran.

  1. Mampu berbahasa Inggris

Meskipun Anda menempuh kuliah Kedokteran di dalam negeri, namun kemampuan berbahasa Inggris yang baik tetap wajib untuk dimiliki. Umumnya, jurusan ini menggunakan banyak buku pelajaran berbahasa Inggris.

Bahkan, dibutuhkan waktu yang lama untuk menerjemahkan buku ke dalam satu bahasa. Oleh karena itu, bisa dibayangkan betapa ketinggalannya Anda jika menunggu terbitan buku berbahasa Indonesia. Apalagi saat sudah ada buku baru dengan tambahan ilmu dan teori baru yang berhasil menyanggah teori lama.

  1. Memiliki kondisi kesehatan yang memadai

Menjadi seorang dokter tidak hanya kecerdasan yang diandalkan namun sehat jiwa dan raga. Mahasiswa kuliah Jurusan Kedokteran banyak dituntut waktu, tenaga, serta pikiran selama kurang lebih 5 tahun sebelum resmi menjadi seorang dokter. Sehat merupakan salah satu syarat yang sangat penting jika ingin mengambil jurusan ini.

  1. Memiliki nilai rapor yang baik

Sebagian besar perguruan tinggi negeri di Indonesia menerima peserta didik untuk masuk ke fakultas ini melalui jalur SNMPTN. Apabila Anda berencana masuk melalui jalur tanpa tes, pastikan tren nilai sewaktu SMA sangat baik.

Mulai dari semester 1 sampai semester 5. Nilai-nilai yang akan dipertimbangkan tentunya mata pelajaran seperti fisika, matematika, biologi, kimia serta bahasa Inggris.

  1. Aktif di masyarakat

Tidak hanya pintar saja, namun menjadi seorang calon dokter juga dituntut untuk aktif terutama pada masyarakat. Profesi dokter berhubungan dengan hal sosial.

Oleh karena itu, pengalaman Anda di lingkungan sekitar sangatlah mempengaruhi kualitas diri sebagai seorang calon dokter. Seringlah ikut menjadi relawan yang berhubungan dengan dunia medis atau menjaga kebersihan lingkungan.

Saat Anda terjun ke masyarakat, banyak hal yang dapat dilatih. Beberapa di antaranya seperti kemampuan berkomunikasi, kesabaran, menghadapi berbagai macam orang, serta kepemimpinan. Itu saja beberapa informasi terkait kuliah Jurusan Kedokteran dan semoga bermanfaat untuk semuanya.

Artikel lain