Surabaya Tourism Destination Award 2012

Surabaya Tourism Destination Award 2012

“THE 1st SURABAYA TOURISM DESTINATION AWARD 2012” dari IHTB UC untuk kado ulang tahun Surabaya

“Progdi International Hospitality and Tourism Business – Universitas Ciputra Beri Penghargaan Obyek Wisata di Surabaya”

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Surabaya memiliki karakter yang tiada duanya di negeri ini. Terbukti, ciri khas wisata perkotaan Surabaya tidak mudah ditiru oleh daerah lain, walaupun di beberapa bagian ada kemiripan. Namun dirasakan Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) Surabaya belum menjadi magnet yang seksi bagi turis untuk melancong ke kota yang tahun ini berusia ke-719 tahun ini. Padahal, banyak ODTW di Surabaya yang menarik, namun mungkin kalah bersaing dengan daerah lain. Atas dasar itulah Program Studi (Progdi) International Hospitality & Tourism Business (IHTB) Fakultas Pariwisata Universitas Ciputra menghelat The 1st Surabaya Tourism Destination Award 2012 (STDA). Ajang pemberian penghargaan ini sebagai salah satu bentuk ungkapan syukur civitas academica kampus di bagian barat Surabaya itu kepada alam dan masyarakat kota Surabaya.

Tak kurang 37 ODTW Surabaya mengikuti ajang bergengsi ini. Berdasarkan seleksi dan mekanisme penilaian, terpilih 12 nominator yang menjadi kandidat penerima penghargaan satu-satunya di Surabaya bahkan di Jawa Timur ini.Agoes Tinus Lis Indrianto, Kepala Progdi IHTB UC mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemkot Surabaya dan Suara Surabaya Media untuk mengerjakan even yang menggugah ketertarikan serta antusiasme pengelola obyek wisata maupun masyarakat Surabaya ini. Keterlibatan masyarakat melalui vote nominator yang dipublikasikan selama lebih dari 2 minggu. “Pemenangnya kita lihat saja pada malam penganugerahan Selasa (22/5) di Ciputra World yang juga dihadiri Walikota Surabaya,” tegas Agoes, panggilan Agoes Tinus.12 nominator ODTW Surabaya tersebut adalah, Ciputra Waterpark, G-Walk, Kampung Wisata Jambangan, Ekowisata Mangrove Wonorejo, Monumen Kapal Selam, Monumen Jalesveva Jayamahe, Museum Kesehatan, Tugu Pahlawan & Museum 10 Nopember, Masjid Muhammad Cheng Hoo, Masjid Al-Akbar, Kapal Wisata Arthama 3 Pelindo, dan House of Sampoerna.

Lebih lanjut Agoes menjelaskan, “ada beberapa kategori penghargaan yang kita berikan, antara lain, destinasi wisata terbersih dan ternyaman, memiliki pelayanan prima, komunikatif dalam penyampaian informasi wisata, kreatif dan inovatif, yang memiliki entrepreneurial impact. Selain itu akan ada obyek wisata terfavorit pilihan masyarakat dan obyek wisata yang “Best of the Best”, dimana akan mendapat penghargaan dari Walikota Surabaya. Seperti tajuk even ini adalah pemberian penghargaan yang pertama, berarti akan digelar kembali setiap tahun ke depan. “Yang jelas even ini untuk menggugah dan memberikan motivasi kepada pengelola ODTW Surabaya untuk lebih giat menata dan menjual obyek wisatanya, dan menyadarkan masyarakat dalam negeri bahwa berwisata ke Surabaya adalah pilihan yang menguntungkan dan tentu saja menyenangkan,” pungkas Agoes.

Setelah melalui proses pengamatan dan penilaian, berikut ini kami sampaikan hasil penjurian dan keputusan pemenang berdasarkan masing-masing kategori Proses dari penilaian kegiatan ini adalah, melibatkan mahasiswa IHTB UC (International Hospitality and Tourism Business- Universitas Ciputra) , untuk mensurvey dan mengumpulkan data di lapangan. Setelah itu hasil survey akan diberikan kepada Dewan Juri yang terdiri dari:

  1. Dr.Yusak Anshori, M.M, Pengamat Pariwisata Surabaya, sekaligus Ketua Dewan Pariwisata Jawa Timur yang Juga General Manager Surabaya Plaza Hotel
  2. Dr.Bambang Hermanto, Ketua PHRI Surabaya
  3. Pak Odji, dari ASITA
  4. Pak Irpan, ketua Forum Komunikasi Obyek Wisata di Surabaya
  5. Dewa Gde Satrya, akademisi dari IHTB , Universitas Ciputra , Surabaya.

Setelah itu Dewan Juri memutuskan siapa pemenang di masing-masing kategori, termasuk yang menjadi “Best of the Best”. Sedangkan kategori terfavorit akan didapatkan dari hasil poling masyarakat Surabaya yang selama 1 bulan dilakukan melalui media suarasurabaya.net. Acara pemberian penghargaan diberikan pada tanggal 22 Mei 2012, jam 18.00 – 21.00, lokasi Ciputra World Surabaya, lt1 linear Atrium. Untuk itu hasil dari keputusan dewan juri dan pilihan masyarakat Surabaya adalah sebagai berikut:

Kategori 1      : Obyek Wisata yang paling bersih dan nyaman

Juara I              : House of Sampoerna

Juara II             : Museum Kapal Selam

Juara III           : Museum Jalesveva Jayamahe

Kategori 2      : Obyek Wisata yang paling lengkap informasi pariwisatanya

Juara I              : Kapal Wisata Artama 3 Pelindo

Juara II             : Masjid Cheng Hoo

Juara III           : Masjid Al Akbar

Nominasi         : Tugu Pahlawan dan Museum 10 November

Kategori 3      : Obyek Wisata yang memberikan pelayanan paling prima

Juara I              : House of Sampoerna

Juara II             : Masjid Cheng Hoo

Juara III           : Museum Kesehatan

Nominasi         : Kapal Wisata Artama 3 Pelindo

Kategori 4      : Obyek Wisata yang paling kreatif dan inovatif

Juara I              : Ciputra Waterpark

Juara II             : Mangrove Kecamatan Wonorejo Rungkut

Juara III           : Kampung Wisata Jambangan

Kategori 5      : Obyek Wisata yang paling memberikan dampak entrepreneurship pada masyarakat :

G-Walk, Citraland

Obyek wisata terfavorite  pilihan warga Surabaya          : Masjid Al Akbar

Obyek Wisata terbaik (Best of the best) : House of Sampoerna

Dalam malam penganugrahan, semua pengisi acara melibatkan mahasiswa IHTB, mulai dari accoustic band dengan lagu-lagu Surabaya sampai pada performa magician show dari Bobby – mahasiswa semester 2 IHTB. Performa pengisi acara mendapat apresiasi yang luar bisa oleh para tamu undangan. Pada malam tersebut ada 11 hotel bintang yang ikut berpartisipasi memeriahkan acara penganugarahan dengan menyajikan makanan terbaik mereka pada acara gala dinner. Hotel yang berpartisipasi adalah hotel anggota Casa Grande yang selama ini mendukung program-program dari IHTB UC. Hotel tersebut adalah: JW Marriot, Majapahit Hotel, Hotel Bumi Surabaya, Java Paragon, Sommerset, Surabaya Plaza Hotel, Singgasana Hotel, Garden Palace, Ciputra Golf and Family Club, Midtown Hotel, Prime Royal Hotel dan Fave Hotel.

Hal penting ini dihadiri oleh seluruh pelaku pariwisata di Surabaya, mulai dari hotel, travel agent , obyek wisata sampai pada para mahasiswa pariwisata dan masyarakat umum. Seluruh camat dan pejabat Pemkot Surabaya, termasuk asisten 1-4 juga berkenan datang di kegiatan ini. Walikota Surabaya, Bu Tri Rismaharini sangat mengapresiasi kegiatan dari IHTB UC yang dengan konsisten memberikan dukungan pada perkembangan pariwisata di Surabaya. Kegiatan yang didukung penuh oleh Surabaya City Guide Magazine dan Dinas Pariwisata kota Surabaya ini akan menjadi event rutin setiap tahun dengan harapan meningkatkan kualitas obyek wisata yang berada di Surabaya.

Kegiatan Surabaya Tourism Destination Award ini merupakan salah satu bagian dari proses pembelajaran di IHTB yang melibatkan mahasiswa secara kreatif dan aktif terlibat dalam berbagai kegiatan positif yang mengasah kreativitas dan kepekaan menangkap peluang bisnis di bidang perhotelan dan pariwisata. Salah satu kegitan mahasiswa IHTB selain STDA 2012 adalah National Field Trip, dimana mahasiswa diajak 10 hari berkeliling Pulau Jawa untuk belajar melihat peluang bisnis pariwisata dan mendapatkan inspirasi dari berbagai destinasi unik dan kreatif yang ditemui di selama perjalanan. IHTB sendiri merupakan program studi unggulan di Universitas Ciputra yang hanya satu-satunya di Indonesia mampu mencetak mahasiswa menjadi profesional dan kreatif entrepreneur di bisnis perhotelan dan pariwisata. Para pengajar di IHTB adalah pakar, profesional dan entrepreneur di bidang perhotelan dan pariwisata dan yang mempunyai dedikasi tinggi untuk kemajuan dunia perhotelan dan pariwisata di Indonesia. Dengan dukungan semua stake holder pariwisata di Indonesia, IHTB UC merupakan pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang ingin memilki bisnis di bidang hotel dan pariwisata di kemudian hari. Kunjungi fanpage IHTB di http://www.facebook.com/InternationalHospitalityAndTourismBusinessihtbUc , untuk tahu lebih banyak tentang aktfitas IHTB.

”Hospitality is My Life, Tourism is My Soul and Entrepreneurship is My Spirit”