Studi Eskursi International 2013

Studi Eskursi International 2013

Studi Eskursi International 2013

Program Studi Information & Multimedia Technology (IMT) dan Business Information System (BIS)

 

Studi Eskursi International 2013 mengunjungi negara Taiwan pada tanggal 20-26 Oktober 2013. Studi Eskursi International kali ini merupakan yang pertama sekali diikuti oleh 18 mahasiswa IMT dan BIS dan satu dosen pendamping. Studi Eskursi ini berbeda dengan Studi Eskursi sebelumnya di mana mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengunjungi bukan hanya industry tetapi juga universitas yang ada di Taiwan.

Kami mengunjungi Tainan City yang merupakan lokasi National Cheng Kung University (NCKU). NCKU merupakan salah satu kampus negeri terbaik di Taiwan. Kami mengadakan Workshop Kolaborasi dengan mahasiswa NCKU yang diselenggarakan selama 2 hari. Workshop ini bertemakan pemanfaatan Teknologi untuk mengatasi problem sehari-hari. Selain itu mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menikmati Library Tour di NCKU. Kami juga dibawa untuk mengunjungi National Museum of Taiwan History. Kami juga mendatangi Uni-President Enterprise yang merupakan salah satu perusahan food and beverage di Taiwan yang memiliki 51% market share. Perusahaan ini juga memiliki cabang di China, Vietnam, Thailand, Philippines dan Indonesia yang diwakili oleh PT. ABC President.

Setelah dari Tainan City, kami menuju Taoyuan untuk mengunjungi Chang Gung University (CGU). CGU adalah kampus swasta terbaik di Taiwan yang didirikan oleh Formosa Plastic Group. Kami juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Formosa Plastic Museum yang berada di dalam kompleks kampus CGU. Museum ini menceritakan awal mula berdirinya Formosa Plastic Group dan perkembangannya hingga saat ini. Formosa Plastic Group adalah salah satu perusahaan plastic terbesar di dunia yang memiliki pabrik juga di Semarang, Indonesia. Setelah mengunjungi CGU kami juga berkesempatan untuk mengunjungi Chang Gung Health and Culture Village (CGHCV). CGHCV adalah kompleks khusus yang dibangun untuk merawat lansia di mana kompleks ini merupakan layanan terpadu yang dilengkapi dengan teknologi terkini. Kompleks ini merawat sekitar 500 orang lansia yang 60% dari mereka berusia diatas 90 tahun.

Hari terakhir kami habiskan di Taipei dengan mengunjungi Taipei Neihu Technology Park (TNTP). TNTP adalah merupakan area yang dipersiapkan sebagai pusat riset dan kantor pusat produk teknologi Taiwan. Di sini merupakan tempat berkumpulnya raksasa teknologi dan industry Taiwan dan dunia sehingga mempermudah untuk terjadinya transaksi bisnis. Selain itu kami juga mengunjungi Taipei 101 yang merupakan gedung tertinggi ke-dua di dunia. Gedung ini merupakan mascot Taiwan sejak lama dan menjadi pusat perbelanjaan dan kantor di tengah kota Taipei.

Tujuan dari studi eskursi international ini adalah membuka wawasan mahasiswa terhadap perkembangan teknologi terbaru dan budaya Taiwan. Selain itu juga memberikan kesempatan untuk menjadi mahasiswa di Taiwan dan kesempatan untuk melanjutkan studi ke Taiwan. Kita juga mendapatkan kesempatan untuk menjalin hubungan dengan kalangan kampus dan industry di Taiwan.