Student Exchange Universitas Ciputra dengan Solbridge University Korea

Student Exchange Universitas Ciputra dengan Solbridge University Korea

Sejak 21 Agustus 2015, Gabriella Amanda Asokawati, William Elfrado Candra, William Rayawan, Cindy Marceline Gunawan dan Michelly Mondong tidak tampak melakukan aktifitas perkuliahan di Universitas Ciputra. Ternyata mereka tengah menjalani program student exchange hasil kerjasama Universitas Ciputra Surabaya dengan Solbridge University, Daejon, Korea Selatan. Mahasiswa jurusan International Hospitality & Tourism Business (IHTB) ini adalah beberapa mahasiswa yang beruntung mendapat kesempatan menjalankan program student exchange tersebut.

myhome3Sejak awal tiba di Bandara Internasional Incheon Korea, mereka telah dibantu oleh mahasiswa Solbridge untuk membeli tiket bus ke Kota Daejon. Kota Daejon sendiri dapat ditempuh selama tiga jam dari Incheon International Airport. Culture shock pasti dirasakan oleh mahasiswa pertukaran pelajar dari Universitas Ciputra. Di Korea budaya masyarakatnya lebih respect kepada kenyamanan orang lain, terutama di public space. Selain itu, Negara Korea juga serba on time dan terjadwal dengan rapi.

Ketika telah sampai di dorm di daerah Daejon, mereka langsung excited karena pemandangan kota terhampar luas dengan indah dan dapat dilihat dari ketinggian. Hari-hari berikutnya mereka manfaatkan untuk lebih mengenal kampus Solbridge dengan cara berjalan-jalan di sekitar area kampus. Menjadi mahasiswa baru tidak lantas membuat mereka takut namun justru sebaliknya, mereka ingin menjadi mahasiswa baru yang supel sehingga langsung berbaur dan berteman dengan mahasiswa-mahasiswa lainnya di Solbridge University. Hal ini terbukti dari foto-foto keakraban mereka dengan beberapa mahasiswa lainnya saat masa orientasi mahasiswa. “Semuanya berjalan lancar, kami ikut orientasi mahasiswa baru juga lho. Di sini kuliahnya memang baru masuk,” kata William menjelaskan.

Saat weekend, rombongan mahasiswa Universitas Ciputra menghabiskan waktu untuk mengunjungi Everland, yaitu sebuah theme park di Yongyin.  Inilah keuntungan mengikuti program student exchange, selain bisa belajar, mendapatkan ilmu serta teman baru, namun dapat pula melakukan traveling di Negara Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *