Staycation, Wisata Hits Selama Covid, Favorit Milenial Nih

Istilah staycation makin populer selama pandemi. Bahkan, staycation jadi wisata hits selama Covid di kalangan milenial karena dinilai lebih aman dan ramah di kantong. Lantas, apa sih yang disebut dengan staycation? Bagaimana pula cara memaksimalkan staycation agar lebih menarik? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Staycation?

Staycation berasal dari dua gabungan kata, yakni stay yang berarti tinggal dan cation (vacation) yang berarti liburan. Dengan kata lain, staycation adalah berlibur dengan cara menetap. Konsep liburan semacam ini pertama kali muncul di Amerika Serikat pada tahun 2007-2010 ketika terjadi krisi keuangan di negara tersebut.

Meskipun terkesan sederhana, tapi staycation ampuh untuk mengatasi stres. Konsep liburan ini juga lebih affordable dibanding liburan ke luar negeri. Biasanya, destinasi yang dipilih untuk staycation adalah hotel berbintang 4 atau 5 dan villa dengan fasilitas lengkap.

Tidak hanya sekadar menginap, selama staycation banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan fasilitas hotel tempat menginap.

Cara Memaksimalkan Staycation 

Mengingat tujuan staycation adalah menghilangkan stres, maka pemilihan hotel atau villa sangatlah penting. Jika Anda tertarik untuk menjajal wisata hits selama Covid, lakukan beberapa cara berikut ini untuk memaksimalkannya.

  1. Tentukan Lokasi dan Hotel yang Dipilih

Lokasi hotel atau villa jadi poin utama yang harus diperhatikan. Umumnya, hotel yang dipakai untuk staycation berada di lokasi strategis dan punya view yang memukau. Selain itu, tentukan hotel yang akan dijadikan tempat staycation, apakah hotel bintang 4 atau bintang 5.

Jangan tanggung-tanggung dalam memilih hotel, karena kenyamanan adalah hal utama yang dicari dari staycation. Oleh karenanya, pilihlah hotel paling nyaman dengan fasilitas lengkap, seperti kolam renang, taman, kamar tidur yang nyaman, hingga santapan yang ditawarkan di hotel tersebut.

  1. Liburan Bersama Keluarga dan Teman Agar Lebih Seru

Wisata hits selama Covid ini paling seru jika mengajak teman dan keluarga. Staycation bersama orang-orang tersayang juga lebih hemat, karena biaya hotel bisa ditanggung bersama-sama. Selain itu, liburan akan lebih seru karena Anda bisa melakukan banyak aktivitas bersama.

  1. Pilih Waktu yang Tepat untuk Staycation 

Jika ingin staycation, perhatikan waktu yang akan Anda pilih karena hal ini akan berpengaruh pada biaya hotel. Harga kamar saat weekend biasanya lebih mahal daripada weekdays. Agar lebih hemat lagi, Anda bisa memanfaatkan beberapa situs online sekaligus untuk mendapatkan penawaran paling murah. Jika beruntung, Anda juga bisa mendapatkan promosi lewat situs online.

  1. Maksimalkan Fasilitas Hotel

Terakhir, maksimalkan semua fasilitas yang ditawarkan hotel tempat menginap, seperti kolam renang, gym, hingga spa. Bahkan, beberapa hotel juga menyediakan sarapan gratis ataupun santapan sore gratis. Dengan begitu, staycation akan jadi lebih menyenangkan.

Keuntungan Staycation 

Meski terkesan sederhana, tapi staycation punya keuntungan tersendiri, lho. Salah satunya adalah terhindar dari stres akibat perjalanan panjang. Selain itu, pesona alam Indonesia yang sangat indah dimanfaatkan para pecinta staycation untuk mendapatkan suasana baru. Menariknya, wisata hits selama Covid ini juga memberikan manfaat ekonomi untuk pariwisata lokal.

Meningkatnya jumlah kunjungan turis memberikan keuntungan tersendiri untuk pendapatan daerah. Tak hanya itu, pedagang lokal yang menjual souvenir pun ikut mendapatkan keuntungan dengan meningkatkan jumlah penjualan.

Pastikan kondisi Anda benar-benar fit sebelum staycation agar tidak mudah tertular penyakit, termasuk Covid-19. Terakhir, pilihlah lokasi di zona aman untuk menjajal wisata hits selama Covid ini.

Artikel lain
Menu