Start-up Business Bidang FnB Ala Ratna Tjan

Start-up Business Bidang FnB Ala Ratna Tjan

Pada tanggal 9 Maret lalu, Prodi Culinary Business (CB) angkatan 2015 kedatangan seorang dosen tamu untuk mengisi mata kuliah Food and Beverage Business Creation. Acara rutin jurusan yang selalu ada tiap tahun ini selalu ada dan materi yang disajikan berbeda-beda mengikuti tren kuliner pada saat itu. Kali ini CB kedatangan bu Ratna Tjan yang merupakan seorang foodblogger untuk membagi materi.

Ratna Tjan adalah seorang foodblogger di surabaya yang memiliki akun instagram @makankenyang. Awalnya, beliau hanya memfoto makanan karena hobi saja dan memposting foto-fotonya di instagram pribadinya. Pada saat itu banyak orang yang menanyakan lokasi makanan yang beliau potret dan dari sana beliau mulai meliput makanan-makanan beserta informasi seputar makanan itu seperti lokasi, jam operasional, dan lain-lain. Beliau juga membuat blog untuk diikutkan lomba Dilmah Tea dan beliau berhasil memenangkan perlombaan tersebut. Sampai sekarang terhitung bahwa akun instagram beliau @r47natjan telah mencapai followers sebanyak 34.1k.

Kuliah tamu yang beliau bawakan ini bermaksud untuk memberi pengetahuan tentang bagaimana cara yang dapat ditempuh bagi bisnis kuliner yang baru saja didirikan. Beberapa materi yang dibagikan antara lain adalah cara mencari foodblogger yang cocok, bagaimana cara memilih produk apa saja yang harus di endorse, dan beliau juga berbagi apa saja makanan dan minuman yang sedang trend di 2018 ini. Makanan yang sedang trend adalah makanan jepang yang disajikan di mangkok-mangkok sedangkan trend minuman mengarah pada minuman dengan cheese foam sebagai topping.

Menurut Fabiola Louei, salah satu peserta acara ini, acara ini memberikan insight mengenai tren pasar yang sedang terjadi serta pembahasan mengenai marketing tools untuk media sosial bisnis kuliner seperti posting yang rutin untuk menciptakan awareness ini juga bermanfaat.

 

(Kontributor : Christandy Adriel – ACC – 2016)