Sparkling Surabaya Tourism Fiesta 2013 dan Launching Piala Walikota Surabaya Hotel Award

Sparkling Surabaya Tourism Fiesta 2013 dan Launching Piala Walikota Surabaya Hotel Award

Pariwisata merupakan aset yang sangat potensial untuk menggerakkan ekonomi suatu daerah. Ketika krisis ekonomi melanda Yunani, pariwisatalah yang menjadi sumber pemasukan untuk tetap bertahan. Begitu potensialnya pariwisata sebagai penunjang ekonomi membuat negara lain seperti Malaysia, Thailand, Singapore, Korea juga gencar mempromosikan program pariwisata mereka hingga ke Surabaya.

sstf1

Disisi lain, promosi wisata yang begitu gencar oleh negara lain tidak diimbangi oleh promosi wisata lokal yang ada, sehingga dengan mudahnya masyarakat kita pergi berwisata keluar negeri dibanding menghabiskan liburan di negara sendiri. Masyarakat kita keluar negeri bukan hanya karena tertarik oleh promosi wisata negara lain, namun juga karena keterbatasan informasi sumber pariwisata lokal yang ada.

Berbicara mengenai pariwisata, tidak ada satupun negara di dunia yang memiliki pantai, gunung dan pulau lebih banyak dibanding Indonesia. Hal ini sebenarnya merupakan modal yang luar biasa pemberian Pencipta. Namun permasalahan yang sering ditemui adalah terbatasnya infrastruktur menuju lokasi wisata tersebut dan informasi tentang objek wisata tersebut. Masalah ini ibarat ayam dan telur, masyarakat tidak mengetahui adanya objek wisata potensial sehingga objek wisata tersebut juga tidak ada pendanaan untuk melakukan perbaikan infrastruktur dan promosi.

sstf5

IHTB UC sebagai jurusan perhotelan dan pariwisata yang inovatif di Indonesia melihat faktor keterbatasan dana promosilah yang membuat banyak potensi pariwisata yang tidak diketahui oleh masyarakat Indonesia sendiri. Contoh nyata adalah begitu banyak orang di Surabaya yang tidak mengerti objek wisata apa saja yang terdapat di Surabaya. Melalui acara Sparkling Surabaya Tourism Fiesta yang rutin diadakan oleh IHTB UC, objek wisata di Surabaya berkesempatan untuk melakukan promosi secara gratis di mall karena dana ditanggung oleh pihak IHTB UC.

Acara ini diselenggarakan oleh mahasiswa IHTB UC semester 1 yang baru lulus SMA. Acara ini juga didukung oleh Dinas Pariwisata Kota Surabaya, PHRI Surabaya, Casagrande Surabaya, Forum komunikasi Objek Wisata Surabaya dan Tunjungan Plaza.

sstf4 sstf2

Dipersiapkan selama 2,5 bulan, SSTF juga mengundang Master Deddy Corbuzier untuk memberikan sharing tentang bagaimana cara mencapai kesuksesan yang sering tidak ditemui di sekolah. Acara SSTF 2013 ini terbuka untuk umum mulai 25-27 Oktober 2013 tanpa tiket masuk (Gratis). Ada lebih dari 30 objek wisata yang berpartisipasi. Beberapa koleksi yang dipamerkan seperti celana anti perkosaan, boneka jailangkung, foto rontgen korban santet, kain penutup Kabah asli Mekkah, peninggalan almarhum Gus Dur, bedug peninggalan Sunan Ampel dan masih banyak lagi.

ssth3

Selain itu, pada kesempatan kali ini diadakan launching Surabaya Hotel Award 2013 dengan hadiah utama Piala Walikota Surabaya 2013. Ada 7 kategori penghargaan, yaitu: The Best Eco Hotel, The Best Local Entertainment in Hotel, The Most Innovative Food & Beverage, The Most Comfortable Lobby Area, The Cleanest Public Area Toilet, The Most Attractive Uniform, The Best Tourism Information. Penilaian dilakukan oleh tamu misterius. Surabaya hotel award diadakan untuk memberikan apresiasi kepada hotel-hotel yang turut mendukung kemajuan pariwisata Surabaya.

sstf6

IHTB UC fokus mendukung kemajuan pariwisata di Indonesia. Melalui pariwisatalah IHTB UC percaya bahwa Indonesia akan mencapai masa keemasan. Karena itu, IHTB UC juga mempersiapkan generasi entrepreneur yang siap mengelola dan mengembangkan aset pariwisata di Indonesia. (Eric Yosua).