Social Innovation Center

Social Enterprises

Gandeng tangan

Gandeng Tangan adalah perusahaan teknologi finansial (tekfin) berbasis impact-driven peer-to-peer lending (P2P Lending), yang menjembatani para pemilik usaha mikro yang membutuhkan pembiayaan, dengan para pendana yang ingin memberikan dampak sosial.

Kami percaya bahwa setiap orang punya kesempatan mendapatkan akses permodalan dan mewujudkan impiannya dalam mencapai kebebasan finansial. Dua hal tersebut bisa digapai sekaligus melalui pendanaan online di platform GandengTangan, yang hadir untuk melayani yang belum terlayani.


Mari wujudkan impian masa depanmu bersama Gandeng Tangan!

BATIK FRACTAL

Batik Fractal adalah batik modern buatan tangan yang lahir dari pertemuan seni tradisi dan teknologi. Kami menggunakan software Batik untuk menciptakan desain terbaru yang terinspirasi dari ragam budaya yang elok. Sejak 2007, kami telah berjejaring dengan lebih dari 3000 perajin di seluruh Indonesia. Kami memproduksi Batik dalam cara aslinya; dengan tangan ibu-ibu perajin, untuk memenuhi beragam kebutuhan pakaian anda. Alih-alih mengungkungnya dalam kemahsyuran yang kaku, kami percaya batik bisa mengalir mengarungi zaman lewat inovasi. Lebih dari sekedar kain, Batik Fractal adalah pertemuan tepat guna untuk menjawab tantangan multi-dimensional dalam rangka melestarikan tradisi. Untuk kami, Batik bukan hanya seni atau industri, tapi juga identitas yang harus dihidupi.

HEPI CIRCLE

Hepi Circle percaya bahwa hidup yang lebih bersih akan membuat manusia lebih bahagia. Oleh karena itu, kami berusaha untuk menghadirkan berbagai produk sehari-hari dalam kemasan pakai ulang agar rumah orang Indonesia lebih rapi dan bersih, yang tentu saja akan berperan besar dalam upaya pengurangan penggunaan plastik sekali pakai yang selama ini menjadi sebab permasalahan sampah di Indonesia.

DU'ANYAM

Du Anyam merupakan sebuah social enterprise atau wirausaha sosial yang memberdayakan lebih dari 1000 wanita Indonesia di 50 desa Nusa Tenggara Timur dan Papua melalui kerajinan anyaman lokal.

PLASTIC BANK

Plastic Bank® empowers the regenerative society. We are helping the world stop ocean plastic while improving the lives of collector communities. Plastic Bank builds ethical recycling ecosystems in coastal communities and reprocesses the materials for reintroduction into the global manufacturing supply chain. Collectors receive a premium for the materials they collect which helps them provide basic family necessities such as groceries, cooking fuel, school tuition, and health insurance. Plastic Bank’s proprietary blockchain platform secures the entire transaction and provides real-time data visualization – allowing for transparency, traceability, and rapid scalability. The collected material is reborn as Social Plastic® which can be easily reintegrated into products and packaging as part of a closed-loop supply chain. Plastic Bank currently operates in Haiti, Brazil, Indonesia, the Philippines, and Egypt.

BIYUNG

Biyung Indonesia adalah sebuah usaha kecil yang memproduksi pembalut kain dan produk pendukung menstruasi (Wet Pouch, sabun cuci pembalut kain dan buku saku menstruasi sehat), yang mempunyai misi berkontribusi dalam upaya meningkatkan konsumsi yang bertanggung jawab bagi pelestarian lingkungan dan pemenuhan hak hidup sehat bagi perempuan.

ECOTON

ECOTON was established in 1996 as a Biology Study Program wetland conservation group in UNAIR and was incorporated in 2000, due to a sense of concern for environmental problems in East Java, especially in Surabaya River. Lots of river pollution that looks real but there is no action. Therefore ECOTON is present to restore the river environment so that it is not more polluted.

SYAMSI DHUHA FOUNDATION

Syamsi Dhuha Foundation lahir di Bandung pada Oktober 2003 dan memulai kegiatan pertamanya tahun 2004. Pada awalnya didirikan untuk memberikan dukungan (sebagai support group) bagi para penyandang Lupus dan Low vision (keterbatasan penglihatan) dengan visi meningkatkan kualitas hidup para sahabat Odapus (orang dengan Lupus) dan sahabat Lovi (Low vision).

HALOIJO

HaloIjo merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pengiriman cepat sampai dengan menggunakan transportasi yang ramah lingkungan. 

OMAH SINAU GESANG

Omah Sinau Gesang (OSG) adalah sebuah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) juga berfungsi sebagai ruang kolaborasi (creative hub) lintas komunitas di Kabupaten Lumajang untuk mendukung pengembangan kreatifitas kaum muda dibidang pertanian, seni dan budaya dan kewirausahaan sosial.

KECIPIR

Kecipir adalah social enterprise yang bertujuan mewujudkan produksi, distribusi, dan konsumsi pertanian secara lebih berkeadilan dan ramah lingkungan.