Siapkan Karir melalui Career Path Sejak Semester 4, Ditantang Siapkan Wadah Berkarir untuk Lulusan S1 di Semester 5

Siapkan Karir melalui Career Path Sejak Semester 4, Ditantang Siapkan Wadah Berkarir untuk Lulusan S1 di Semester 5

Pembelajaran entrepreneurship di UC akan dibagi menurut guild yang diminati oleh mahasiswa saat memasukin semester 4. Salah satu guild yang menjadi pilihan adalah guild corporate entrepreneur dimana mahasiswa dipersiapkan untuk menjadi seorang professional unggul, yaitu seorang professional yang peka terhadap sekitar, berpikir kreatif, inovatif yang membawa solusi bagi perusahaan tempat berkarir.

Perjalanan karir dipersiapkan sejak semester 4 dengan membuat career path. Sebelumnya dosen akan memberikan tools berupa pyramid career lengkap dengan kondisi pada tiap path-nya. Tujuannya adalah mempermudah mahasiswa untuk menentukan pilihan pada alternative yang terpapang pada pyramid career. Pada pembelajaran ini mahasiswa dibimbing untuk melakukan research tentang dream job and dream company masing-masing. Mendapatkan pemahaman tentang role model perusahaan dan mendapatkan contact person adalah hasilnya.

Pada semester 5, mahasiswa masih melajutkan research-nya, namun juga diwajibkan mengikuti kegiatan yang diberi nama Coorporate Entrepreneurship Laboratorium (CEL). Apakah CEL ini? CEL ini adalah kegiatan praktek dimana mahasiswa join dengan perusahaan, dan mahasiswa harus memenuhi target perusahaan. Dalam hal ini, UC bekerjasama dengan 3 perusahaan group ciputra untuk menyelenggarakannya. “Pengalaman nyata ini sangat penting dialami oleh mahasiswa CE. Mereka tahu bagaimana sih kalua berkarir disebuah perusahaan. Bagaimana menghandle klien, gimana strategi untuk mencapai target”, jelas Novi Mustikarini, Dosen CE. “Mahasiswa ada yang prakterk di City Management Ciputra Green Lake, tugas mereka untuk mapping customer dan meng-handle open house-nya. Di GWalk. Proyek mahasiswa untuk mewujudkan Asian street Food Event dengan tujuan untuk menyemarakan GWalk. Di Palimanan, mahasiswa diberi tantangan untuk membuat thematic event,” jelasnya. Pada akhir semester 5 ini, mahasiswa menggelar Career Expo dengan menghadirkan perusahaan yang merupakan dream company-nya. “Tidak kurang dari 30 perusahaan, diantaranya BCA, Bank Mandiri, Indomaret, Group Ciputra dalam career expo yang diselenggarakan pada 21-23 November 2018 bertempat di Ciputra World Surabaya,” imbuh Novi.

Pada hari kedua career expo, Guild CE ini juga menggelar acara parents gathering, yang dilaksanakan di Kampus UC, 22 Nov 2018, jam 08.00-15.00 WIB. Pada acara ini orang tua akan mendapatkan pemaparan tentang pembelajaran CE yang kemudian dilanjukan dengan mendengarkan presentasi dari career path putra putri masing-masing secara private. “Kami ingin orang tua juga mengetahui rencana karir dari putra putrinya. Sehingga dukungan itu bisa diberikan”, ungkap Novi. Novi mengaku bahwa feedback dari orang tua dari kegiatan tahun kemarin bahwa orang tua merasa senang UC bisa menjadi jembatan dengan putra putrinya. “Walaupun tiap hari ketemu, tapi ya ngga cerita apa-apa”, tutur Novi menirukan testimony orang tua.