blank

Siapa dan Tujuan Seorang Konsultan IT?

blank

Profesi sebagai konsultan IT ini memang salah satu  profesi yang banyak dicari karena dikenal memiliki gaji yang lumayan fantastis. Namun profesi ini memiliki tanggung jawab dalam beberapa hal seperti memberikan usulan terhadap suatu tindakan, membantu memecahkan permasalahan manajemen perusahaan.

Untuk dapat membuka jasa konsultan IT ini, anda wajib memiliki keterampilan dalam bidang teknologi informasi. Seperti yang anda tahu bahwasanya di era globalisasi ini teknologi yang ada sudah semakin maju, maka semakin banyak juga konsultan IT ini dicari. Karena bidang ini juga dapat mempengaruhi kebijakan maupun strategi dalam dunia usaha.

Peran Konsultan IT

Terdapat beberapa peran menjalankan profesi IT yang membantu memberikan solusi dengan memanfaatkan IT dalam memecahkan masalah pada manajemen perusahaan. Beberapa peran profesi ini yaitu sebagai berikut :

  • Konsultan yang memiliki peran pada infrastruktur, manajemen aset dalam bidang IT maupun outsourcing.
  • Digital Consultant yang membuat suatu perencanaan dalam meningkatkan bisnis menggunakan aplikasi Mobile, Big Data dan Web Marketing.
  • Peran Konsultan dalam kebijakan keamanan dan manajemen terhadap masalah yang terjadi dan berkaitan dengan bidang IT ini.

Tujuan Konsultan

Tujuan seorang konsultan IT ini sangat banyak yang dapat membantu berbagai kebutuhan dari client-client, beberapa tujuannya yaitu sebagai berikut :

  • Menganalisa kebutuhan IT pada perusahaan dan memberikan solusi independen serta objektif dalam penggunaan IT
  • Menguji, memasang, merancang maupun memonitoring sistem baru
  • Melakukan diagnosis maupun menganalisis masalah potensial
  • Memperbaiki sistem maupun desain ulang sistem baru bagi klien dan masih banyak lagi

Kemampuan yang Harus Dimiliki oleh Seorang Konsultan

Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang konsultan IT adalah bertindak layaknya pemimpin terhadap berbagai project dan beberapa hal seperti berikut :

  • Menguasai pengetahuan teknis dalam berbagai bidang maupun pengetahuan luas mengenai bidang IT
  • Dapat menganalisis setiap permasalahan secara eksternal maupun solusi terkait software, pemrograman, komputer maupun jaringan
  • Memiliki kemampuan presentasi yang baik
  • Memiliki kemauan yang kuat juga untuk mencoba berbagai tantangan dari client dalam penyelesaian masalah
  • Memiliki kemampuan seperti berpikir logis yang kuat dalam menyelesaikan suatu permasalahan
  • Memiliki kemampuan evaluasi dan analisis sistem
  • Kemampuan komunikasi yang baik dalam menjelaskan masalah maupun solusi kepada client.
  • Kemampuan manajemen waktu maupun dalam berorganisasi

Jenis Penempatan Kerja Profesi Konsultan IT

Selain memiliki peran untuk menyelesaikan berbagai masalah dan solusi dari beberapa client. Peran konsultan IT ini juga sebagai penghubung antara perusahaan dan client. Seorang konsultan IT ini dapat bekerja pada suatu perusahan IT, agency maupun membuka jasa konsultan IT. Pembagian tugas IT sesuai dengan fungsinya yaitu :

  1. Analis Bisnis (Business Analyst)

Analis bisnis ini sebagai manajemen dalam bidang IT yang memiliki peran untuk melakukan analisis secara profesional dalam mengoperasikan sistem. Contohnya yaitu strategi manajemen, memberikan perencanaan maupun proposal, melakukan pelatihan kerja sama.

  1. Konsultan Pengenalan

Sedangkan Konsultan Pengenalan ini bertugas dalam menyiapkan syarat dan ketentuan, memeriksa spesifikasi dan memastikan kemajuan dalam rencana pengembangan. Dan memastikan penyesuaian yang diharapkan oleh client tersebut.

  1. Project Management Office (PMO)

PMO sendiri mengacu pada divisi manajemen pendukung proyek, divisi audit atau project support department, dll. PMO juga merupakan salah satu sistem pengoperasian yang berorientasi dengan efektivitas biaya.

Menu