Sesi Pemahaman e–Learning dengan Para Guru SMAK Kosayu Malang

Sesi Pemahaman e–Learning dengan Para Guru SMAK Kosayu Malang

Pemahaman akan penting penggunaan e-Learning dalam kegiatan belajar – mengajar menumbuhkan keantusiasan para guru SMA Katolik Kolese Santo Yusup (Kosayu) Malang untuk menguasainya. Senin, 19 Desember 2011, dua belas guru SMAK Kosayu Malang mengikuti sesi pemahaman essensial e–Learning di Universitas Ciputra Surabaya.

“e-Learning merupakan solusi untuk proses belajar mengajar yang lebih efisien dengan menggunakan teknologi informasi, dimana dengan e-Learning, sharing materi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun asalkan ada sambungan internet, ” ujar Bapak Adi Suryaputra, S. Kom, Vice Head of Business Information System.

Walaupun memudahkan proses Kegiatan Belajar Mengajar, e-Learning tidak serta merta menggantikan waktu tatap muka pengajar dengan para siswanya. Oleh karena itu, pihak sekolah tetap perlu memikirkan cara untuk pola padu padan dengan pembelajaran konvensional yang sudah menjadi tradisi. Hal ini perlu dilakukan agar proses belajar mengajar yang saat ini sudah berjalan bisa menjadi semakin efektif dan efisien dengan adanya e-Learning. Topik pembahasan di sesi ini juga membahas tentang pentingnya memiliki infrastruktur Teknologi Informasi yang memadai , agar penerapan e-Learning bisa berjalan dengan baik dan kendala-kendala yang mungkin bisa muncul bisa diantisipasi.

Sebelum kembali ke Malang, para dosen prodi business information system dan guru SMAK Kosayu melanjutkan sharingnya dalam acara makan siang bersama. Kerjasama yang telah terjalin dengan baik ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk workshop tentang bagaimana menerapkan e-Learning di SMAK Kosayu dan diikuti dengan workshop pembuatan content untuk e-Learning.