Seminar “Overview of Opportunity in Digital Industry”

Seminar “Overview of Opportunity in Digital Industry”

Seminar “Overview of Opportunity in Digital Industry” merupakan salah satu event hasil kerja sama antara jurusan Information Technology Universitas Ciputra dengan komunitas web developer Surabaya (suWec) serta IDBYTE. Acara ini diselenggarakan di Auditorium lantai 7 Universitas Ciputra dan merupakan salah satu rangkaian dalam rangka ID-BYTE ROAD SHOW 2011 yang dimulai dari tanggal 13 Mei 2011 hingga 14 Juli 2011.

Empat pembicara hadir pada seminar “Overview of Opportunity in Digital Industry” yaitu Rudy Setiawan (Brosurku.com), Ramya Prajna (CEO, Think.web), Rama Mamuaya (CEO, Dailysocial.net) dan Yansen Kamto (Executive Director IDBYTE). Keempat pembicara tersebut hadir untuk berbagi inspirasi,  pengalaman hidup serta pandangan mereka tentang peluang yang ada di dunia industri saat ini .

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta dari mahasiswa dan dosen program studi Teknik Informatika UC serta beberapa tamu dari luar ini dibuka dengan sambutan dari ketua program studi Information Technology, Bapak Trianggoro Wiradinata. Dalam sambutannya Bapak Trianggoro mengajak seluruh peserta untuk membangkitkan semangat Entrepreneurship di dunia digital karena potensi yang ada saat ini makin terbuka lebar. Untuk mencairkan suasana, seluruh peserta pun diajak untuk bermain sejenak tentang slogan Entrepreneurship UC.

Antusias dari para hadirin pun terlihat bagus pada saat seminar dibuka oleh Rudy Setiawan (Brosurku.com) sebagai pembicara pertama. Para sesi pertama ini, pembicara banyak menunjukkan potensi yang besar jika kita ingin masuk dalam dunia industry digital. Ditunjukkan pula cerita-cerita sukses yang dapat menginspirasi kita untuk mencoba mengambil langkah dalam ber-Entrepreneurship di industry digital seperti Amazon.com, Facebook dan sebagainya.

Rama Mamuaya (CEO, Dailysocial.net) sebagai pembicara pertama pun hadir dan makin menginspirasi para peserta dengan pemaparan tentang halangan-halangan yang sering terjadi dalam memulai bisnis di industry digital ini. Suasana semakin menarik ketika pembicara menceritakan sendiri perjalanan hidupnya ketika memulai bisnis digitalnya dari nol hingga sukses dikenal seperti saat ini. Para peserta pun terinspirasi akan ceritanya dan terlihat juga beberapa peserta mulai membuka Dailysocial.net untuk mengenal lebih dekat pembicara kedua ini. Ramya Prajna (CEO, Think.web) dan Yansen Kamto (Executive Director IDBYTE) sebagai pembicara selanjutnya pun turut menyakinkan para peserta bahwa setiap orang dapat memulai bisnis di industry digital dimulai sekarang melalui sharing akan perjalanan hidup mereka bagaimana memulai bisnis digital mereka.

Para peserta pun tak melewatkan kesempatan untuk bertanya lebih jauh lagi kepada keempat pembicara melalui talk show yang sediakan. Talk show yang berdurasi 20 menit itu ternyata dirasa belum cukup karena mengingat banyak peserta yang masih ingin menerima masukan dari keempat pembicara bagi perusahaan digital yang mereka baru bangun. Acara diakhiri dengan pemberian cindera mata kepada keempat pembicara. Acara yang sebenarnya dijadwalkan berakhir pada pukul 11, ternyata harus molor hingga jam 12 lebih mengingat antusiasme dari pada pengunjung untuk belajar lebih banyak lagi dalam bisnis di industri digital.

Acara yang berdurasi 180 menit itu ternyata dapat memberikan inspirasi dan menunjukkan peluang yang besar di dunia industri digital bagi para peserta seminar. Diharapkan melalui seminar ini dapat mendorong setiap individu untuk berani mengambil kesempatan ini sebagai salah satu pilihan dalam membuka usaha baru serta melakukan sesuatu yang berdampak bagi negeri ini melalui teknologi digital.