Seminar Export-Import

Seminar Export-Import

Senin, 2 April 2012, jurusan International Business Management (IBM) Universitas Ciputra (UC), mengadakan sharing untuk mata kuliah ekspor dan impor. Narasumber yang diundang kali ini adalah Winata Riangsaputra, owner dari Win Toys (www.win-toys.com).

Win Toys adalah salah satu perusahaan mainan anak edukatif yang disegani di Indonesia. Usaha ini merupakan usaha yang keluarga yang baru dibangun setelah usaha keluarga yang sebelumnya bangkrut, karena penipuan dan kebakaran. Pada tahun 2004, Winata mulai masuk ke dalam perusahaan dan mengembangkan pasar Win Toys di luar negeri. Tujuan ekspor Win Toys yaitu Belanda, Inggris, Jerman, Swedia, Amerika Serikat, Italia, Australia, Austria,dan negara-negara lain. Setelah sukses di luar negeri barulah Win Toys masuk ke dalam pasar domestik.

Nilai kerja keras dan kegigihan itulah yang dapat membuat beliau dapat menjadi pengusaha sukses seperti saat ini. Win Toys digerakkan oleh 3 perusahaan yaitu PT Gunung Mas Sumanco dan PT Maksen Abadi yang beroperasi dalam produk ekspor, dikelola oleh ayah dari Winata, dan PT Win Investama yang beroperasi untuk produk lokal yang dipimpin oleh Winata sendiri.

Pesan singkat dari Winata sebelum mengakhiri sharing-nya “Bukalah mata, telinga dan mulut anda agar dapat membantu dirimu”.