Rekomendasi 5 Universitas di Surabaya yang Wajib Dicek Calon Mahasiswa

Siapa yang tak ingin melanjutkan studi di universitas terbaik? Untuk menemukan tempat yang tepat dan memenuhi kriteria, calon mahasiswa biasanya mempunyai masing-masing pertimbangan sesuai kapasitas mereka. Hal ini juga yang barangkali Anda lakukan saat menelusuri sejumlah universitas di Surabaya, salah satu kota besar di Indonesia.

Surabaya, seperti Medan, Jakarta, Bandung, hingga Denpasar, mempunyai universitas-universitas terbaik yang reputasinya tak perlu diragukan. Berikut adalah lima universitas yang sering masuk ke daftar rekomendasi untuk calon mahasiswa:

1. Institut Teknologi Sepuluh November

Berdiri pada 20 November 1957, Institut Teknologi Sepuluh November merupakan universitas di Surabaya yang namanya sudah tersohor di seluruh Indonesia. ITS beralamat di Jalan Raya ITS Keputih Sukolilo, Surabaya. Adapun visi-misi yang ITS usung adalah menjadikan mahasiswa/I yang menuntut ilmu di sana memiliki karakter CAK (Cerdas, Amanah, Kreatif).

Setidaknya ada sebelas fasilitas dan satu vokasi yang ditawarkan ITS. Beberapa di antaranya mencakup Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi, Fakultas Sains, dan Fakultas Matematika.

2. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Berikutnya ada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya atau UIN Sunan Ampel Surabaya. Sesuai namanya, universitas di Surabaya ini mempunyai tujuan melahirkan cendekiawan muslim dengan karakter sesuai syariat agama. Meski begitu, visi-misi yang mereka bawakan tetap selaras dengan nilai-nilai bangsa dan negara.

Terdapat sembilan fakultas yang dapat Anda pilih di UIN Sunan Ampel Surabaya yang mencakup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Syariah dan Hukum.

3. Universitas Negeri Surabaya

Universitas di Surabaya berikutnya yang dapat Anda cek adalah Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Perguruan tinggi ini memiliki dua kampus, salah staunya di Jalan Rektorat Unesa Lidah Wetan. Berdiri sejak 1964, Unesa sudah terakreditasi A dan terbukti mampu mencetak lulusan yang andal di dunia kerja, salah satunya tenaga pengajar profesional.

Unesa menawarkan sejumlah fakultas berkualitas tinggi. Antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika dan IPA, serta Fakultas Bahasa dan Seni.

4. Universitas Surabaya

Sempat memiliki nama Universitas Trisakti Surabaya, Universitas Surabaya (Ubaya) adalah universitas di Surabaya yang telah berkontribusi besar dalam dunia pendidikan di Indonesia. Maka wajar kalau biaya masuk dan per semesternya cukup besar, bisa sampai puluhan juta rupiah. Meski begitu, pengalaman yang mahasiswa peroleh dijamin akan bermanfaat saat mereka lulus.

Bagaimana dengan fakultas-fakultasnya? Beberapa fakultas yang Ubaya sediakan meliputi Fakultas Industri Kreatif, Fakultas Teknobiologi, Fakultas Teknik, serta Fakultas Bisnis dan Ekonomika.

5. Universitas Ciputra

Satu lagi perguruan tinggi yang tak boleh Anda lewatkan adalah Universitas Ciputra. Universitas di Surabaya ini bertempat di Citraland CBD Boulevard Sambikerep, Surabaya. Meski difokuskan untuk memperdalam ilmu bisnis, Universitas Ciputra juga menyediakan sejumlah fakultas untuk program studi lain untuk para calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pengetahuan dari sumber terbaik.

Sejumlah program studi yang Universitas Ciputra buka mencakup Arsitektur Interior, Pendidikan Dokter, Akuntansi, Ilmu Komunikasi, Bisnis Kuliner, dan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Tentu saja masih ada sejumlah perguruan tinggi yang layak dipilih saat akan meneruskan studi di Surabaya. Namun, kelima universitas di Surabaya ini mempunyai kualitas, fasilitas, hingga layanan yang tak akan membuat Anda menyesal memilihnya. Jangan lupa kumpulkan informasi selengkap mungkin sebagai persiapan di tahap awal agar Anda punya peluang besar diterima.

Artikel lain