Reakreditasi Program Studi S1 Manajemen Universitas Ciputra

Reakreditasi Program Studi S1 Manajemen Universitas Ciputra

Akreditasi  BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) adalah standar yang digunakan untuk mempertanggung jawabkan mutu atau kualitas akademik dari sebuah Program Studi pada stake holdernya. Biasanya proses akreditasi BAN PT ini dilakukan 5 tahun sekali, akan tetapi apabila ada Program Studi telah melakukan evaluasi diri dan menetapkan bahwa Program Studinya telah mengalami peningatan kualitas yang signifikan maka Program Studi tersebut dapat mengajukan proses akreditasi sebelum 5 tahun.

Dr. Christina Whidya Utami., M.M., CLC selaku kepala Program Studi Manajemen Universitas Ciputra menuturkan akreditasi Program Studi S1 Manajemen terakhir didapatkan pada periode Oktober tahun 2015 dengan peringkat B (skor 343), jadi seharusnya reakreditasi baru akan dilakukan pada tahun 2020. Mengingat hasil evaluasi diri dari Program Studi Manajemen Universitas Ciputra yang menetapkan adanya peningkatan signifikan dari mutu akademik maka Program Studi S1 Manajemen Universitas Ciputra mengajukan proses reakreditasi pada bulan Oktober 2016 dan dilakukan visitasi pada tanggal 20 – 21 Nov 2016.

Proses persiapan akreditasi tersebut dilakukan dengan sangat komprehensive meliputi penyiapan pelaporan 7 standar :
Standar 1 : Visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi
Standar 2 : Tata Pamong
Standar 3 : Kemahasiswaan dan Alumni
Standar 4 : Sumber Daya Manusia yakni Kompetensi dosen dan tenaga kependidikan
Standar 5 : Kurikulum
Standar 6 : Sistem Keuangan dan Informasi
Standar 7 : Penelitian, pengabdian masyarakat dan kerja sama

Peningkatan yang cukup signifikan Program Studi S1 Manajemen UC adalah :
Terkait aspek kurikulum yakni Program Integrated Business creation and Cevelopment
Terkait dengan aspek peningkatan kompetensi mahasiswa yakni adanya Integrated Business Creation and Development Tools
Terkait dengan aspek peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa yakni National Certified of Business Creation and Development (keberadaan LSP = lembaga sertifikasi Profesi)

Dua asesor BAN PT yakni Prof. Dr. Tulus Haryono, M.Ek. dari UNS dan Dr. Lina Salim dari Jakarta melakukan visitasi dan memberikan apresiasi yang sangat baik mengingat dalam waktu 10 tahun PS S1 Manajemen telah mampu mencetak 100% lulusan menjalankan bisnis sendiri (start up dan scale up business) dengan kompetensi manajemen dan bisnis yang memadai, berkat kurikulum dan program serta atmosfir pembelajaran entrepreneurship dan bisnis yang komprehensive. Asesor juga berterimakasih atas sambutan yang ramah dari Universitas Ciputra.

IMG_4739IMG_4716IMG_4698