Universitas Ciputra Surabaya Selenggarakan Bimtek Akreditasi Internasional IABEE

Universitas Ciputra Surabaya Selenggarakan Bimtek Akreditasi Internasional IABEE

Surabaya, 03 Februari 2022.

 

Dalam rangka persiapan menjadi universitas bertaraf internasional, pada tanggal 03 Februari 2022, Universitas Ciputra Surabaya menyelenggarakan bimbingan teknis akreditasi internasional “The Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE)” dengan narasumber Ir. Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc., D.Sc., salah satu reviewer IABEE.

 

IABEE merupakan lembaga akreditasi mandiri Indonesia yang diakui secara internasional. Saat ini, IABEE telah menjadi anggota Washington Accord (WA). Washington Accord (WA) adalah sebuah perjanjian kerjasama internasional dalam bidang akreditasi program studi Teknik di bawah payung International Engineering Alliance (IEA).

 

Terdapat dua jenis akreditasi pada IABEE, yaitu provisional accreditation dan general accreditation. Berdasarkan Peraturan BAN-PT No. 1 Tahun 2022 Tentang Mekanisme Akreditasi, prodi dapat mengajukan penyetaraan akreditasi internasional menjadi unggul apabila lolos general accreditation. Untuk general accreditation, prodi harus mendapatkan status Accredited atau Accredited with Interim Evaluation pada IABEE. Status Accredited diperoleh apabila seluruh kriteria akreditasi memiliki nilai pemenuhan Acceptable (memenuhi) dan Concern (memenuhi namun terdapat peluang perubahan keadaan). Status Accredited with Interim diperoleh apabila terdapat kriteria akreditasi yang memiliki nilai pemenuhan Weakness (pemenuhan kurang kuat sehingga perlu tindakan perbaikan). Jika terdapat kriteria dengan nilai pemenuhan Deficiency (tidak memenuhi), maka prodi dinyatakan tidak lolos. Namun demikian, jika hanya terdapat satu item dengan nilai D, maka prodi dapat mengajukan bukti perbaikan dalam 5 bulan untuk dilakukan tinjauan kembali.

 

Adapun kriteria yang harus dipenuhi dibagi menjadi dua kategori, yaitu common criteria (kriteria umum) dan discipline criteria (kriteria bidang ilmu). Common criteria mencakup 4 aspek utama yaitu orientation of graduate competence, learning implementation, learning outcomes assessment, dan continual improvement. Sedangkan untuk discipline criteria merupakan item tambahan yang termasuk ke dalam 4 kategori tersebut.

 

 

Bimtek akreditasi internasional IABEE yang dilaksanakan secara daring ini dihadiri oleh 32 orang yang terdiri dari Wakil Rektor, Dekan, Kaprodi Dosen dan Staff dari program studi S1 Informatika dan S1 Sistem Informasi serta beberapa departemen pendukung akreditasi.

 

 

Untuk langkah selanjutnya Prodi S1 Informatika melakukan penyusunan dokumen akreditasi berupa ikhtisar program studi dan lembar evaluasi diri untuk dievaluasi pada provisional accreditation tahun 2022 dan general accreditation tahun 2024. (GA/LR)