UC Gelar Training, Guna Tingkatkan Pemahaman Kerja Sama & Klasterisasi Perguruan Tinggi

UC Gelar Training, Guna Tingkatkan Pemahaman Kerja Sama & Klasterisasi Perguruan Tinggi

Surabaya, 30 Agustus 2019.

 

Setiap tanggal 17 Agustus, Dikti mengumumkan hasil klasterisasi perguruan tinggi. Klasterisasi perguruan tinggi ini diukur dari capaian kinerja Perguruan Tinggi pada variabel input (15%), proses (25%), output (25%) dan outcome (35%). Adapun tujuan dari klasterisasi perguruan tinggi ini adalah untuk memperoleh gambaran kualitas pengelolaan perguruan tinggi. Kerja sama perguruan tinggi merupakan salah satu indikator dalam klasterisasi perguruan tinggi dan juga merupakan indikator dalam akreditasi.

Dalam rangka peningkatan pemahaman klasterisasi perguruan tinggi dan pelaksanaan kerja sama peguruan tinggi terutama untuk program joint program. Training dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2019 dengan mengundang Kepala Subdirektorat Kerja Sama Perguruan Tinggi, Direktorat Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi yaitu Dr. R Purwanto Subroto, Ph.D. Training ini ikuti oleh 62 peserta yang terdiri dari rektorat, dekanat, ketua program studi, kepala dan perwakilan dari departemen supporting.

Dalam klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 terdiri dari 22 indikator dengan rincian sebagai berikut:

 

Pada sesi pertama semua peserta mendapat pemaparan materi terkait internasionalisasi perguruan tinggi melalui klasterisasi dan kerja sama joint/double degree program. Di akhir acara dilakukan sesi tanya jawab oleh seluruh peserta.

Diharapkan dengan adanya workshop ini dapat meningkatkan pemahaman seluruh program studi dan departemen terkait dalam hal klasterisasi dan peningkatan kerja sama dalam rangka meningkatkan kualitas Pendidikan tinggi khususnya Universitas Ciputra Surabaya. (DG/LR)