Tidak Berhenti Mencari Peluang Improvement, UC Tetap Melakukan Benchmarking

Tidak Berhenti Mencari Peluang Improvement, UC Tetap Melakukan Benchmarking

Jakarta, 01 Juli 2022.

Demi melakukan peningkatan mutu, Vice Rector for Operational Affairs, Quality Assurance (QA), Information and Communication Technology (ICT) dan Property Management (PM) Universitas Ciputra Surabaya (UC) serta Vice Chairman for Operational Affairs Universitas Ciputra Makassar (UCM) melakukan benchmarking ke tiga perguruan tinggi yaitu Telkom University (TelU), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Multimedia Nusantara (UMN). Studi banding ke tiga perguruan tinggi (PT) tersebut didasari oleh pencapaian PT akan akreditasi internasional, pemeringkatan QS World University Ranking, 4iCU dan Webometric.

 

QS World University Ranking merupakan publikasi tahunan pemeringkatan universitas-universitas seluruh dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS). 4ICU (4 International College and Universities) merupakan sebuah search engine atau direktori yang menilai kepopuleran sebuah universitas ditinjau berdasarkan website resmi universitas tersebut. Webometric merupakan pemeringkatan universitas berbis situs web berdasarkan aspek Presence, Visibilitas, Transparansi/Keterbukaan dan Excellence or Scholar.

 

Acara studi banding berlangsung selama dua hari mulai 30 Juni 2022 hingga 01 Juli 2022. Pada tanggal 30 Juni 2022 tim UC dan UCM melakukan kunjungan studi banding ke TelU, sedangkan kunjungan ke UI dan UMN dilakukan pada tanggal 01 Juli 2022. Aspek yang dipelajari saat studi banding ini meliputi tata kelola, tata pamong serta penjaminan mutu universitas.

 

 

Selain dilakukan kunjungan studi banding, UC juga melakukan penandatanganan MoU kerjasama dengan UMN. Lingkup kerjasama yang disepakatai adalah kerjasama dalam bidang tridarma seperti pertukaran dosen dan mahasiswa dalam rangka implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), penerbitan berkala ilmiah, penelitian bersama, penyelenggaraan seminar dan konferensi ilmiah, serta pengabdian kepada masyarakat (PkM). (GA/LR)