Monitoring Konsistensi Penerapan Sistem Manajemen Mutu melalui Surveillance Audit ISO 9001:2015

Monitoring Konsistensi Penerapan Sistem Manajemen Mutu melalui Surveillance Audit ISO 9001:2015

Surabaya, 24 Juni 2020.

 

Tidak terasa sudah satu tahun berlalu semenjak Sertifikasi ISO 9001: 2015 diraih oleh Universitas Ciputra Surabaya. Proses improvement terus berlanjut khususnya di departemen yang masuk dalam ruang lingkup ISO, yakni departemen Biro Administrasi Akademik (BAA), Biro Mahasiswa dan Alumni (BMA), Property Management (PM) dan Quality Assurance (QA).

 

Untuk menjaga konsistensi implementasi sistem manajemen mutu di Universitas Ciputra Surabaya, maka pada tanggal 23-24 Juni 2020 dilaksanakan Surveillance Audit ISO 9001:2015 dengan auditor bapak Rusli Ananda dari  Lloyd’s Register Quality Assurance (LRQA).

 

Uniknya, karena situasi pandemik maka audit dilaksanakan secara online (remote audit). Pada hari pertama, agenda audit dimulai dengan opening meeting yang diikuti oleh semua perwakilan departemen teraudit dan Rektorat. Kemudian dilanjutkan overview dengan Top Management, audit departemen Quality Assurance, audit divisi Sekretariat dan Legal, dan audit departemen BAA. Pada hari kedua, dilakukan audit terhadap departemen Property Management, audit departemen Biro Mahasiswa dan Alumni, dan ditutup dengan Closing Meeting oleh auditor.

 

Meski audit berlangsung online tidak menghalangi efektivitas berjalannya proses audit. Terbukti dengan masih banyaknya peluang improvement yang bisa diimplementasikan di departemen. Tidak lupa, pengecekan terhadap temuan audit sebelumnya juga menjadi concern untuk memonitoring jalannya proses improvement di departemen.

 

Diharapkan kedepannya, implementasi sistem manajemen mutu benar-benar menjadi budaya di Universitas Ciputra Surabaya.(LA/LR)