Mengenal QS Rankings melalui Benchmark bersama IPB

Mengenal QS Rankings melalui Benchmark bersama IPB

Surabaya, 27 Juli 2020.

 

QS World University Rankings merupakan pemeringkatan tahunan universitas yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds. Saat ini banyak sekali perguruan tinggi yang berlomba-lomba untuk mendapatkan rekognisi dari Lembaga ini, termasuk Universitas Ciputra Surabaya (UC) sebagai salah satu perguruan tinggi yang ikut berpartisipasi dalam QS Rankings.

Pada tahun 2020, QS Rankings telah me-release hasil pemeringkatan untuk World University Rankings dan Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai salah satu dari 8 Perguruan Tinggi Indonesia yang masuk dalam QS World University Rankings 2021. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman mengenai QS Rankings sekaligus berdiskusi terkait strategi IPB dalam mengikuti QS Rankings maka UC mengadakan benchmark dengan IPB dengan Bapak Prof.Dr.Ir. Anas Miftah Fauzi, M.Eng sebagai narasumber. Benchmark dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2020. Pada kegiatan ini UC juga mengajak beberapa perguruan tinggi lain untuk berpartisipasi yaitu UK Petra dan STIE Perbanas Surabaya. Peserta pada kegiatan ini terdiri dari ± 35 orang yang terdiri dari pimpinan perguruan tinggi, pimpinan fakultas dan prodi serta perwakilan kepala departemen.

Pada kesempatan ini diskusi lebih banyak dilakukan untuk QS – Asia University Ranking (AUR) karena memang pada saat ini UC dan beberapa perguruan tinggi lainnya sedang fokus pada QS – AUR. Terdapat 11 indikator dalam QS – AUR antara lain yaitu:

  1. Academic reputation (30%)
  2. Employer reputation (20%)
  3. Faculty/student ratio (10%)
  4. International research network (10%)
  5. Citations per paper (10%)
  6. Papers per faculty (5%)
  7. Staff with a PhD (5%)
  8. Proportion of international faculty (2.5%)
  9. Proportion of international students (2.5%)
  10. Proportion of inbound exchange students (2.5%)
  11. Proportion of outbound exchange students (2.5%)

Detail metodologi dari QS Asia University Ranking dapat dilihat pada link berikut https://www.topuniversities.com/asia-rankings/methodology.

Diharapkan dengan melalui benchmark ini dapat meningkatkan pemahaman seluruh peserta terkait QS – AUR sehingga dapat menetapkan strategi dan tindakan perbaikan berkelanjutan. (DG/LR)