Ingin Mendalami Tentang IPEPA, UC Undang Asesor BAN-PT untuk Sharing Knowledge

Ingin Mendalami Tentang IPEPA, UC Undang Asesor BAN-PT untuk Sharing Knowledge

Surabaya, 16 September 2021.

 

Berdasarkan Peraturan Menteri dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020 tentang akreditasi program studi dan perguruan tinggi Pasal 12 Ayat 2 terdapat 3 tahapan akreditasi, yaitu:

  1. evaluasi data dan informasi,
  2. penetapan peringkat akreditasi, serta
  3. pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi

Poin pertama dan kedua merupakan tahapan yang telah ada sebelumnya, namun tahap pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi merupakan hal baru bagi perguruan tinggi di mana program studi (prodi) atau perguruan tinggi (PT) yang telah terakreditasi akan dipantau mutunya saat menjelang berakhirnya masa akreditasi prodi/PT. Jika prodi/PT memenuhi syarat maka akan mendapatkan perpanjangan akreditasi 5 tahun ke depan. Perpanjangan akreditasi ini hanya dilakukan sekali setelah akreditasi ditetapkan.

 

Proses IPEPA sendiri terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilalui oleh prodi atau PT agar dapat dinyatakan lolos perpanjangan akreditasi secara otomatis. Tahap pertama yaitu evaluasi dan penilaian data PT yang dilaporkan ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Pemantauan tahap ini dilakukan secara machine to machine antara PDDikti dan SAPTO BAN-PT. Terdapat syarat perlu yang harus dipenuhi untuk dapat lolos pada pemantauan tahap 1. Jika syarat perlu terpenuhi dan nilai pemantauan tahap 1 memenuhi standar maka akreditasi prodi/PT akan diperpanjang secara otomatis, namun jika salah satu dari kedua hal tersebut tidak terpenuhi maka akan dilanjutkan pada IPEPA tahap 2. Pada IPEPA tahap 2, perguruan tinggi diminta untuk menyampaikan Data Kinerja dan Laporan Evaluasi Kinerja sesuai format yang ditetapkan. Selanjutnya tim asesor akan ditugaskan untuk melakukan asesmen terhadap kedua dokumen tersebut. Jika hasil evaluasi memenuhi syarat, maka akreditasi prodi/PT akan diperpanjang, namun jika belum memenuhi syarat maka akan dilanjutkan pada IPEPA tahap 3. Pada tahap ini BAN-PT akan menugaskan tim asesor untuk melaksanakan verifikasi fakta dan kondisi lapangan di perguruan tinggi tempat penyelenggaraan program studi terhadap data dan informasi yang disampaikan dalam dokumen Data Kinerja dan dokumen Laporan Evaluasi Kinerja. Jika hasil evaluasi tahap 3 memenuhi syarat, maka dilakukan perpanjangan akreditasi secara otomatis, namun jika hasil evaluasi pada tahap terakhir ini tidak memenuhi syarat maka BAN-PT akan mencabut Keputusan Peringkat Akreditasi yang telah diberikan dan menetapkan Keputusan Peringkat Akreditasi yang baru.

 

Zoom Meeting Pembekalan Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA)

 

Guna mengetahui lebih dalam tentang proses pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi, Universitas Ciputra Surabaya (UC) mengadakan pembekalan Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) Akreditasi Program Studi (APS) dan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). Pembekalan ini dilaksanakan tanggal 16 September 2021. Acara yang berlangsung selama 4 jam ini diikuti oleh 43 orang dari seluruh prodi dan departemen pendukung akreditasi.

 

Narasumber: Prof. Dr. Indrianty Sudirman, S.E., M.Si. – Asesor BAN-PT

 

Meskipun dilakukan melalui virtual meeting, pembekalan IPEPA APS dan APT berlangsung secara interaktif. Dalam acara tersebut peserta sangat antusias bertanya. Selaku narasumber, Prof. Dr. Indrianty Sudirman, S.E., M.Si., dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin yang memiliki pengalaman sebagai asesor BAN-PT, menjawab pertanyaan dengan sangat jelas dan membuat suasana lebih hidup. Dengan dilaksanakan pembekalan ini, UC lebih siap dalam mempersiapkan perpanjangan akreditasi baik program studi maupun perguruan tinggi. (GA/LR)